Jelang 1 Abad NU, Anwar Ibrahim Sampaikan Ucapan Selamat Harlah

Jelang 1 Abad NU, Anwar Ibrahim Sampaikan Ucapan Selamat Harlah
Ketua kubu oposisi parlemen Malaysia, Anwar Ibrahim. Foto: Reuters

jpnn.com, JAKARTA - Pemimpin Oposisi Malaysia, Anwar Ibrahim memberi ucapan selamat jelang perayaan hari lahir (Harlah) Nahdlatul Ulama ke-96, yang jatuh pada 31 Januari 2022 mendatang.

Anwar mengatakan banyak sekali sumbangsih dan inspirasi yang sudah diberikan NU kepada umat Islam di Indonesia dan di seluruh dunia. 

“Saya ingin menyampaikan ucapan selamat kepada Nahdlatul Ulama yang akan menyambut perayaan Harlah 1 Abad. Ucapan ini juga saya haturkan kepada jajaran pimpinan PBNU, Keluarga Besar NU di Indonesia dan seluruh cabang NU di seluruh dunia,” ujar Anwar dalam keterangan tertulisnya, Jumat (28/1).

Dia mengatakan kelahiran NU dahulu menginspirasi semangat perjuangan rakyat Malaysia dalam menentang kerakusan imperialisme dan penjajahan barat.

NU, menurut Anwar, membawa wajah baru perjuangan yang sesuai dengan ajaran agama Islam dan nilai budaya leluhur ‘nusantara’.

“Kelahiran NU pada awal abad ke-20 telah meniupkan semangat juang buat kami di Malaysia yang kala itu menghadapi kerakusan penjajahan kolonial Barat. Ketimbang mengambil pendekatan keras perjuangan kemerdekaan yang berlaku di Asia Selatan, NU justru tampil dengan penuh yakin dan wibawa mendukung gagasan Islam yang ternyata lebih cocok dengan adat dan nilai budaya leluhur Nusantara,” terang dia.

Imbas spirit perjuangan NU yang berupaya mewujudkan tatanan masyarakat yang berkeadilan dan rahmat bagi semesta alam itu, kepemimpinan di NU akhirnya seringkali hadir dalam wajah dan watak yang cenderung memberikan kedamaian.

Anwar lantas mencontohkan Kepemimpinan KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur, yang sempat menjadi sahabat karibnya dan berperan dalam kehidupan pribadi Anwar saat dalam keadaan sulit.

Pemimpin Oposisi Malaysia, Anwar Ibrahim memberi ucapan selamat jelang perayaan hari lahir (Harlah) Nahdlatul Ulama ke-96, yang jatuh pada 31 Januari 2022 mendatang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News