Piala Super Spanyol

Jelang Barcelona Vs Atletico Madrid, Valverde Layangkan Kritik Pedas

Jelang Barcelona Vs Atletico Madrid, Valverde Layangkan Kritik Pedas
Ernesto Valverde. Foto: efe

jpnn.com, JEDDAH - Jelang duel Barcelona Vs Atletico Madrid dalam semifinal Piala Super Spanyol di Jeddah, Jumat (10/1) dini hari WIB, pelatih Barca Ernesto Valverde melempar kritik atas format baru ajang tersebut.

Dia menyatakan, memainkan kompetisi ini di Arab Saudi adalah konsekuensi dari hasrat mencari keuntungan semata dalam industri sepak bola.

Piala Super Spanyol biasanya mengawali musim liga di Spanyol dengan format dua leg pertandingan antara juara Copa del Rey dan juara La Liga, meski pada edisi 2018 dimainkan sebagai pertandingan sistem satu kali main di Tangier, Maroko.

Tahun lalu federasi sepak bola Spanyol (RFEF) sepakat menggandakan tim pesertanya dan menggelar kompetisi ini di luar Spanyol secara permanen, selain menggeser waktu penyelenggaraannya dari Agustus menjadi Januari.

RFEF sudah meneken kontrak tiga tahun untuk memainkan kompetisi ini di Arab Saudi yang disebut-sebut media Spanyol bernilai 40 juta euro per tahun.

"Saya tahu ada gairah, tetapi sepak bola dewasa ini adalah sebuah industri," kata Valverde.

"Alasan mengapa kami di sini dan mengapa kami pernah ada di Maroko adalah karena pihak berwenang lebih mencari keuntungan," sambung dia seperti dikutip Reuters.

Valverde juga mempertanyakan hak melibatkan Atletico dan Real Madrid yang musim lalu tidak memperoleh satu pun trofi.

Pertemuan Barcelona Vs Atletico Madrid pada semifinal Piala Super Spanyol akan digelar Jumat (10/1) mulai pukul 02.00 WIB.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News