Jelang Debat Cawapres, Ma'ruf Amin: Gelar Ulama Kok Dilepas

Jelang Debat Cawapres, Ma'ruf Amin: Gelar Ulama Kok Dilepas
KH Ma'ruf Amin. Foto: Tim KMA

jpnn.com, JAKARTA - Calon wakil presisen nomor urut 01 Ma'ruf Amin santai menghadapi debat cawapres Minggu (17/3) malam ini.

Tak mau ambil pusing, Ma'ruf malahan menyempatkan diri melakukan safari politik beberapa daerah seperti ke Banten beberapa hari lalu. “Seperti biasa saja. Jalani saja, santai,” katanya.

Namun, yang membuat Ma'ruf bingung ialah soal gelar ulamanya yang menurut beberapa pihak harus dilepas ketika debat berlangsung. Menurut dia, gelar itu sudah menempel erat pada dirinya. Sama halnya seorang pengusaha dan politisi.

Baca Juga:

(Baca Juga:  Ma'ruf Amin Siap Lakoni Debat Cawapres, Lebih Ngeri di MUI)

“Waa, ulama kok dilepas? Itu mah enggak bisa, sudah menempel. Gimana sih? Jadi, yang pengusaha jadi gak bisa juga, politisi nempel juga, ulama nempel juga. Apanya yang dilepas? Gimana sih,” Ma'ruf heran.

Di luar masalah gelar ulama itu, Ma'ruf mengaku masih harus berlatih berbicara dengan waktu yang telah ditentukan dalam debat. Dia menjelaskan sebagai seorang ulama, dia terbiasa berbicara selama setengah jam sampai dengan satu jam.

“Saya biasa bicara panjang. Nah sekarang debat kan pakai menit. Itu yang saya harus belajar," katanya.

Saat ditanya mengenai jurus pemungkas untuk debat, Ma’ruf mengaku tidak punya jurus apa pun. "Wah, enggak usah pakai jurus. Kayak silat saja," pungkasnya. (*/adk/jpnn)


Menurut Ma'ruf Amin, gelar ulama sudah menempel, sama seperti pengusaha dan politisi.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News