Jelang Euro 2012, Polisi Ukraina Kursus Bahasa

Jelang Euro 2012, Polisi Ukraina Kursus Bahasa
Jelang Euro 2012, Polisi Ukraina Kursus Bahasa
KIEV - Ukraina terus berbenah. Salah satu pembenahan yang dilakukan salah satu tuan rumah Euro 2012 itu adalah, dengan menggelar kursus bahasa Inggris bagi polisi. Ya, polisi Ukraina tidak hanya harus mampu menangani berbagai aksi suporter, melainkan juga harus piawai berkomunikasi dengan baik dan lancar terhadap turis.

"Welcome to Ukraine! I am a state traffic inspector (Selamat datang di Ukraina! Saya adalah petugas lalu lintas)," begitulah salah satu kalimat pembuka yang tengah dipelajari polisi lalu lintas Ukraina, di markas besar mereka di Kiev, seperti dilansir Reuters.

Di salah satu ruangan, tampak 20 polisi berseragam biru gelap tengah serius belajar bahasa. Beberapa kali mereka melafalkan kalimat berbahasa Inggris menirukan ucapan sang guru. Di meja masing-masing terdapat notes untuk mencatat pelajaran layaknya anak sekolah, sekalipun rata-rata polisi itu berusia 40-an.

Kebijakan kursus bahasa bagi polisi Ukraina muncul karena mengacu kenyataan bahwa banyak polisi di Kiev yang tidak bisa berbahasa Inggris. "Betapa malunya bangsa ini apabila polisi di ibu kota negara tidak bisa berbahasa Inggris," kritik Wakil Perdana Menteri Ukraina Borys Kolesniko September lalu.

KIEV - Ukraina terus berbenah. Salah satu pembenahan yang dilakukan salah satu tuan rumah Euro 2012 itu adalah, dengan menggelar kursus bahasa Inggris

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News