Jelang Idul Adha, Harga Sapi Tembus Rp 10 Juta per Ekor

Jelang Idul Adha, Harga Sapi Tembus Rp 10 Juta per Ekor
Jelang Idul Adha, Harga Sapi Tembus Rp 10 Juta per Ekor

jpnn.com - SIMALUNGUN – Harga hewan kurban jenis lembu atau sapi menjelang Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada 5 Oktober mengalami kenaikan.

Untuk lembu dengan bobot daging sekitar 80 kg dijual Rp10 juta dari sebelumnya Rp9 juta. Demikian juga harga kambing rata-rata Rp1,7 juta per ekor atau mengalami kenaikan sekitar Rp500 ribu dari tahun sebelumnya.

Hanya saja, beberapa hari belakangan ini, hewan kurban di Simalungun mulai sulit didapat. Beberapa masyarakat yang hendak berkurban mengaku kesulitan mencari sapi dan kambing untuk dijadikan kurban.

Hal itu diakibatkan tingginya permintaan dari Provinsi Sumut, Provinsi Sumatera Barat, dan Riau.

“Banyaknya permintaan membuat peternak menaikkan harga,” kata Adi, agen lembu dari Perbaungan, Kabupaten Serdang Badagai, di Kecamatan Dolok Batu Nanggar, Jumat (26/9).

Adi mengatakan, sulitnya mendapatkan hewan kurban di daerahnya, dia pun hijrah ke Simalungun.

“Kami sudah cari Tanah Jawa, tapi tak ada juga. Kalau pun ada, mahal. Lembu dengan bobot daging sekitar 80 kilogram Rp10 juta dari sebelumnya Rp9 juta per ekor.

Demikian juga harga kambing sudah naik. Kenaikan harga dari tahun lalu sekitar Rp 500 ribu per ekor, tergantung beratnya,” ucapnya seraya mengatakan, minimnya ternak lembu dan kambing sudah terjadi sejak lima tahun belakangan ini.

SIMALUNGUN – Harga hewan kurban jenis lembu atau sapi menjelang Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada 5 Oktober mengalami kenaikan. Untuk lembu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News