Risma Resmikan Rumah untuk Selamatkan Anak Surabaya

Risma Resmikan Rumah untuk Selamatkan Anak Surabaya
Risma Resmikan Rumah untuk Selamatkan Anak Surabaya

jpnn.com - SURABAYA - Makin banyak tempat untuk menjaga dan menyelamatkan anak-anak Surabaya. Kemarin (26/9) Wali Kota Tri Rismaharini meresmikan Rumah Sahabat Anak dan Halo Anak Surabaya. Dengan datang atau menelepon saja, anak-anak bisa curhat masalah mereka.

Dua fasilitas tersebut melengkapi program lain Pemkot Surabaya. Salah satunya, program konselor sebaya yang terdiri atas siswa-siswa di sekolah. Konselor sebaya itu juga berfungsi menampung curhat sesama teman. ''Ini (Rumah Sahabat Anak, Red) akan jadi reminder(pengingat) agar semua lebih care (peduli) terhadap anak,'' tutur Risma.

Rumah Sahabat Anak berlokasi di Balai Pemuda, sebelah gedung DPRD Surabaya. Ada lima konselor yang siap setiap saat melayani. Sementara itu, Halo Anak Surabaya menggunakan nomorhotline 031-5462233 dan 0800-1111-000. Call center tersebut siap dihubungi 24 jam.

Dua fasilitas itu diresmikan di gedung Empire Palace sekaligus sebagai puncak acara Hari Anak Nasional 2014. Saat peresmian, Risma juga mencoba menghubungi nomor tersebut. Ternyata, ketika dihubungi, nomor itu langsung sambung. Anak-anak lantas bergantian mencoba berkonsutasi tentang masalah, cita-cita, dan sebagainya.

Bagi orang dewasa, masalah tersebut memang terkesan sepele. Tetapi, anak-anak menganggapnya persoalan pelik. Karena itulah, mereka butuh tempat curhat yang tepat. ''Kalau curhat kepada orang yang salah, mereka bisa terjebak,'' ungkap dia.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga Berencana (Bapemas KB) Nanis Chairani menambahkan, Rumah Sahabat Anak itu dikhususkan untuk menampung persoalan keseharian anak-anak. Bila anak-anak menemukan masalah yang berat, akan ada langkah khusus untuk mendampingi mereka. ''Kami sudah jalin kerja sama dengan perguruan tinggi bila kasusnya berat,'' kata dia.(jun/c14/mas/roz)


SURABAYA - Makin banyak tempat untuk menjaga dan menyelamatkan anak-anak Surabaya. Kemarin (26/9) Wali Kota Tri Rismaharini meresmikan Rumah


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News