Jelang Lebaran Idulfitri, Kementan Optimistis Stok Aneka Cabai Aman Terkendali

Jelang Lebaran Idulfitri, Kementan Optimistis Stok Aneka Cabai Aman Terkendali
Kementerian Pertanian (Kementan) dan petani di berbagai wilayah berupaya optimistis stok cabai menjelang hari raya Idulfitri bisa mencukupi. Foto: Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pertanian (Kementan) dan petani di berbagai wilayah berupaya optimistis stok cabai menjelang hari raya Idulfitri bisa mencukupi.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Direktur Jenderal Hortikultura Kementan dalam siaran persnya, Selasa (5/4).

"Meskipun gejolak harga umum terjadi, kami berupaya menjaga stok cukup," ujar Anton, panggilan akrabnya.

Menteri Syahrul Yasin Limpo sebelumnya menegaskan Kementan akan terus menjaga kecukupan stok pangan, dan dengan data produksi yang ada, 11 bahan pokok ketersediaannya dalam kondisi aman.

Khusus cabai, salah satu upaya yang dilakukan oleh Kementan ialah terus melakukan koordinasi dengan para Champion cabai di daerah-daerah sentra.

Anton mengatakan dari hasil komunikasi dengan para Champion bahwa pasokan cabai pada Ramadan dan Idulfitri 2022 akan aman, dengan perkiraan luas panen cabai rawit di 33 kabupaten sentra di Pulau Jawa pada bulan Maret 9.500 Ha, April 10.860 Ha, dan Mei 13.720 Ha.

Namun, kata dia, tetap diperlukan pengawalan agar pertanaman tidak terganggu serangan OPT atau terkena dampak perubahan iklim sehingga tetap mampu berproduksi.

Sebagai wilayah penyangga Jabodetabek, ketersediaan cabai rawit di Kabupaten Cianjur, Sumedang, dan Garut menjelang HBKN dipastikan aman.

Kementerian Pertanian (Kementan) dan petani di berbagai wilayah berupaya optimistis stok cabai menjelang hari raya Idulfitri bisa mencukupi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News