Jelang Natal-Tahun Baru, KAI Tambah Rangkaian Kereta

Jelang Natal-Tahun Baru, KAI Tambah Rangkaian Kereta
Jelang Natal-Tahun Baru, KAI Tambah Rangkaian Kereta

jpnn.com - JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan menjalankan 20 kereta api (KA) tambahan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang jelang Natal 2014 dan Tahun Baru 2015. KA tambahan akan beroperasi semala 17 hari, mulai 20 Desember  2014 hingga 5 Januari 2015.

Kepala Humas PT KAI Makmur Syaheran mengatakan, penambahan KA ini meningkat  sebanyak 15 kareta dari tahun sebelumnya, lima KA tambahan. Hal ini dikarenakan, jumlah lonjakan penumpang akan jauh meningkat dibanding dengan penumpang pada 2013 lalu.

"Volume penumpang diperkirakan naik 3 persen dari tahun lalu sebanyak 3.815.740 penumpang. Puncaknya diperkirakan pada 28 Desember 2014," ungkapnya saat dihubungi kemarin (3/12).

Untuk pemesanan tiket, kata dia, akan diberlakukan waktu khusus layaknya musim libur lainnya. Yakni 90 hari sebelum keberangkatan. PT KAI sendiri telah membuka pemesanan sejak 26 November 2014 lalu.

Sementara untuk harga, Makmur menyebut tidak akan ada perubahan untuk KA ekonomi bersubsidi. Sedangkan untuk, tarif KA penumpang komersial atau nonsubsidi akan dijual pada rentang tarif batas atas hingga tarif batas bawah. Untuk tarif parsial yang dikenakan sesuai dengan jarak tempuh, akan berlaku untuk KA jarak jauh dan sedang untuk semua kelas.

"Ini (tarif ekonomi) tetap mengacu pada pada Peraturan Menteri Perhubungan No. PM 5 Tahun 2014 sampai terbitnya peraturan baru dari pemerintah," urainya.

Makmur mengatakan, dalam perjalanan KA tambahan nanti akan disiapkan 411 unit armada lokomotif yang terdiri dari lokomotif dinas sebanyak 371 unit dan cadangan 40 unit. Sedangkan armada kereta yang disiapkan berjumlah 1500 unit, meliputi 1.364 stamformasi dan 136 kereta cadangan.

Selain mempersiapkan kereta tambahan, pihaknya juga menyiapkan alat materian untuk siaga (AMUS) mengingat banyak titik-titik yang dianggap rawan bencana. seperti banjir dan longsor. mengingat saat ini telah memasuki musim hujan.

JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan menjalankan 20 kereta api (KA) tambahan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang jelang Natal 2014 dan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News