Jelang Pemilu 2024, Inilah 5 Provinsi Paling Rawan, Jangan Kaget ya

Jelang Pemilu 2024, Inilah 5 Provinsi Paling Rawan, Jangan Kaget ya
Anggota Bawaslu RI dari Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat, Lolly Suhenty saat mengungkapkan DKI Jakarta menjadi provinsi paling tinggi dalam Indeks Kerawanan Pemilu di Jakarta Pusat, Jumat (16/12) Foto: Kenny Kurnia Putra/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Jelang Pemilu 2024, Inilah 5 Provinsi Paling Rawan, Jangan Kaget ya.

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mengungkapkan DKI Jakarta menjadi provinsi dengan Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) paling tinggi.

Anggota Bawaslu RI dari Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat, Lolly Suhenty menyatakan dari hasil IKP dan Pemilihan Serentak 2024, Jakarta mendapat nilai 88,95.

Peringkat kedua ditempati Sulawesi Utara dengan poin 87,48 dan Maluku Utara (84,86) di peringkat 3.

Selanjutnya, Jawa Barat di peringkat 4 dengan 77,04 dan Kalimantan Timur peringkat 5 dengan poin 77,04.

Lolly menjelaskan jika aspek profesionalisme penyelenggaraan pemilu tidak dijaga dan dikuatkan, berpeluang besar memberikan pengaruh terhadap lahirnya kerawanan di Pemilu 2024.

"Dimensi penyelenggaraan pemilu ini lebih tinggi konstribusinya terhadap potensi lahirnya kerawanan pemilu dibandingkan tiga dimensi lainnya, yakni dimensi konteks sosial politik, dimensi kontestasi, dan dimensi partisipasi politik," kata Lolly saat peluncuran IKP Pemilu dan Pemilihan Serentak di Jakarta Pusat, Jumat (16/12).

Dia menjelaskan di tingkat provinsi, dimensi penyelenggaraan pemilu tercatat menjadi dimensi paling tinggi dalam mempengaruhi kerawanan pemilu dengan skor 54,27.

Bawaslu mengumumkan 5 provinsi dengan skor tertinggi dalam Indeks Kerawanan Pemilu 2022. Berikut ini daftarnya. Tidak ada Jatim.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News