JPNN.com

Jelang Pemilu, Jutaan Nahdiyin Bakal Beristigasah di Jakarta

Kamis, 24 Januari 2019 – 12:34 WIB Jelang Pemilu, Jutaan Nahdiyin Bakal Beristigasah di Jakarta - JPNN.com

jpnn.com, SURABAYA - Sejumlah kiai sepuh Nahdlatul Ulama (NU) dari berbagai daerah di Jawa Timur menggelar pertemuan tertutup dengan Calon Wakil Presiden (Cawapres) KH Ma'ruf Amin di Surabaya, Rabu (24/1) malam. Dalam pertemuan itu, para kiai khas -sebutan ulama sepuh di kalangan NU- melahirkan tiga rekomendasi salah satunya menggelar istigasah akbar.

"Kami menyetujui untuk mengusulkan ke PBNU pentingnya istigasah besar sebelum pemilu ini di Jakarta demi keselamatan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia," kata KH Anwar Iskandar selaku perwakilan para kiai saat memberikan keterangan pers usai pertemuan.

Pengasuh Pondok Pesantren Al Amin Ngasinan, Kediri itu menjelaskan, istigasah juga sebagai rangkaian acara menyambut hari lahir NU. Meski belum menyebut angka pasti, Kiai Anwar menargetkan istigasah itu bisa dihadiri sekurang-kurangnya sejuta nahdiyin.

"Dalam rangka harlah NU, kami kumpulkan warga NU di Jakarta, sekian juta, untuk berdoa bersama-sama demi keselamatan bangsa dan negara," kata dia.

Sedangkan Pjs Rais Am PBNU KH Miftahul Akhyar mengatakan, acara itu merupakan kegiatan jelang satu abad organisasi yang didirikan KH Hasyim Asy’ari tersebut. Kiai Miftahul mengharapkan kegiatan itu menjadi momentum menguatkan kembali sistem komando di NU, termasuk dalam memenangkan kadernya di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

"Ini sebuah momentum," kata Miftah.

Ada 25 kiai khas yang hadir pada pertemuan itu. Kiai khas merupakan sebutan untuk ulama sepuh yang sangat dihormati di kalangan NU.

Para kiai yang hadir dalam pertemuan itu antara lain KH Mistahul Akhyar, KH Anwar Manshur (Pondok Pesantren Lirboyo), KH Zainuddin Djazuli (Pondok Pesantren Al Falah Ploso) dan KH Anwar Iskandar (Pondok Pesantren Al Amin Kediri).

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...