Jelang Pemungutan Suara, Wakil Ketua MPR Ingatkan Netralitas Penyelenggara Pemilu

Jelang Pemungutan Suara, Wakil Ketua MPR Ingatkan Netralitas Penyelenggara Pemilu
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat mengingatkan netralitas pentingnya penyelenggara Pemilu menjelang pemungutan suara Pemilu 2024. Foto : Dokumentasi Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat mendukung netralitas para penyelenggara pemilihan umum agar dapat mewujudkan proses Pemilu 2024 yang jujur dan adil sehingga mampu menghasilkan para pemimpin bangsa yang sesuai keinginan rakyat.

"Sebagai salah satu aktor dalam pelaksanaan pemilu, para penyelenggara di lapangan, baik dari KPU, Bawaslu serta aparat lainnya harus mampu bertugas secara jujur dan adil sehingga masyarakat bisa menyalurkan pilihan mereka secara langsung, umum, bebas dan rahasia, sesuai hati nuraninya," kata Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Senin (12/2).

Sebagai informasi, KPU RI telah melantik secara serentak 5,74 juta anggota kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) pada penyelenggaraan Pemilu 2024 di 71 ribu lokasi pada Kamis (25/1).

Mereka bertugas di 820.161 TPS yang tersebar di seluruh provinsi di Indonesia dan pemilihan luar negeri.

Dia berharap jutaan jumlah pelaksana pemilu itu harus benar-benar mendapat perhatian bersama dari sisi keamanan, kesehatan dan kenyamanan dalam menjalankan tugasnya agar dapat menyelenggarakan pemilu secara jujur dan adil.

Rerie yang akrab disapa itu berharap tragedi pada penyelenggaraan pemilu lima tahun lalu yang menyebabkan meninggalnya 894 petugas KPPS dan tumbangnya 5.175 petugas KPPS akibat kelelahan tidak terulang.

"Sejumlah upaya antisipasi harus dilakukan dengan sebaik-baiknya," tegas Rerie yang juga legislator dari Dapil II Jawa Tengah.

Lebih lanjut Rerie menyampaikan kesiapan para pemangku kepentingan di tingkat pusat dan daerah harus dipastikan bersama agar para penyelenggara Pemilu 2024 secara serentak ini dapat menjalankan tugasnya dengan baik sesuai yang diamanatkan undang-undang.

Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat mengingatkan netralitas pentingnya penyelenggara Pemilu menjelang pemungutan suara Pemilu 2024

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News