Jelang Peringatan Kemerdekaan, Bendera Usang Diturunkan

Jelang Peringatan Kemerdekaan, Bendera Usang Diturunkan
Bendera merah putih diganti dengan yang baru. Foto:pojokpitu

jpnn.com - SURABAYA- Direktorat Kepolisian Perairan (Ditpolair Polda Jatim) melakukan patroli di kawasan Pelabuhan Tanjung Perak dan menemukan banyak bendera Merah Putih yang sudah usang.

Padahal sebentar lagi perayaan HUT RI ke 71. Bendera itu masih banyak terpasang di kapal-kapal dalam kondisi kusam, lusuh dan sobek.

Dengan kapal Patroli X 2001, anggota Ditpolair Polda Jatim ini menyisir kawasan Dermaga Mirah, di kawasan Pelabuhan Tanjung Perak. Salah satunya bendera merah putih yang berkibar di kapal Cakra Kembar, dalam sangat kusam, lusuh dan robek pada bagian ujungnya.  

“Bendera merah putih ini merupakan lambang negara dan sudah seharusnya bersih dan dijaga dengan baik,” kata anggota Ditpolair, Aiptu Guntur.

Tanpa pikir panjang, dua anggota berpangkat Bharatu ini lalu menuju ke dek kapal dan mengganti dengan bendera yang baru. Kasat Rolda Ditpolair Polda Jatim, AKBP Heru Prasetyo mengatakan, patroli terhadap bendera merah putih di kapal-kapal ini, memang dilakukan dalam rangka menjelang hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Patroli tak hanya dilakukan terhadap kapal besar, tapi juga kapal kecil atau kapal pandu.  

Temuan ini pun menjadi bukti bahwa rasa nasionalisme pemilik atau kru kapal, masih perlu dipertanyakan.

“Diharapkan dengan pergantian bendera merah putih ini, akan membangkitkan rasa nasionalisme masyarakat yang berada di kawasan Pelabuhan Tanjung Perak,” pungkas Heru. (mud/flo/jpnn)

                                                                                                                                                                               


SURABAYA- Direktorat Kepolisian Perairan (Ditpolair Polda Jatim) melakukan patroli di kawasan Pelabuhan Tanjung Perak dan menemukan banyak bendera


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News