Jelang SEA Games, Industri Kreatif Diaktifkan

Jelang SEA Games, Industri Kreatif Diaktifkan
Sapta Nirwandar melihat songket Palembang. Foto: Agus Srimudin/JPNN.
JAKARTA - Indonesia memasang target baru terkait kedatangan wisatawan mancanegara ke Indonesia. Pada 2011, target itu dinaikkan menjadi 300 persen atau menjadi 6,4 juta jiwa. Optimisme pemerintah ini muncul karena pada 2011 akan ada gelaran akbar SEA Games di empat daerah di tanah air.

"Pelaksanaan SEA Games 2011 kita harap tidak sekadar (merupakan) sukses olahraga, tetapi sukses sektor pariwisata. Kami sudah memberi arahan kepada seluruh pemerintah daerah agar memanfaatkan peluang wisata itu," beber Dr Sapta Nirwandar, Dirjen Pemasaran Pariwisata, Kementerian Pariwisata dan Kebudayaan RI, di Jakarta, Jumat (11/6).

Target wisatawan itu, kata Sapta pula, menyebar di empat provinsi yang menjadi tempat penyelenggaraan SEA Games, yaitu DKI Jakarta, Sumatera Selatan (Palembang), Jawa Barat (Bandung) dan Jawa Tengah (Semarang). Namun, pemerintah pun memperkirakan ada daerah lain yang akan diramaikan oleh wisatawan, seperti Bali, Manado (Sulawesi Utara), Surabaya (Jawa Timur) dan Jogjakarta.

"Banyak yang bisa dilakukan masyarakat, terutama pelaku industri kreatif. Cinderamata, kaus, gantungan kunci, hingga makan-makanan khas daerah, menjadi incaran para wisatawan. Jangan anggap enteng, karena dari cinderamata itu biasanya bisa meraup banyak rezeki," ucap Sapta pula.

JAKARTA - Indonesia memasang target baru terkait kedatangan wisatawan mancanegara ke Indonesia. Pada 2011, target itu dinaikkan menjadi 300 persen

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News