Jemaah Calhaj Hilang: Dari Bandel hingga Masalah Bahasa

Jemaah Calhaj Hilang: Dari Bandel hingga Masalah Bahasa
Ilustrasi. Foto: AFP

jpnn.com - SALAH seorang jemaah calon haji asal Indonesia, Faisal Halimi mengungkap penyebab hilangnya beberapa rombongan jemaah di Mina, Arab Saudi. 

Salah satunya yakni masih ada jemaah yang bandel tidak mengikuti aturan dengan tertib. Ditambah menyemutnya jemaah haji yang secara bersamaan melakukan ibadah, membuat mereka kelimpungan. Kalau sudah begitu kata Faisal, harus dikembalikan ke pribadi masing-masing jemaah.

"Saat berangkat baik tawaf maupun sai, melempar dan lain-lain bersama rombongan, namun di jalan kadang ada yang memisahkan diri. Mau itu awal kembali atau melambatkan kembali. Sifatnya personal need. Alhamdulillah kalau rombongan saya lengkap," ujar Faisal kepada JPNN.com, Minggu (27/9).

Selain itu, faktor lainnya yakni minimnya penguasaan bahasa yang dipahami pihak Saudi. Pasalnya tidak semua jemaah dari berbagai negara mengerti bahasa Arab ataupun Inggris. Sehingga saat mereka terpisah dengan rombongan, tentunya para jemaah akan kebingungan meminta pertolongan karena terkendala bahasa.

"Beragam faktorlah penyebab rombongan hilang atau terpisah. Pelayanan Saudi harus bisa memahami seluruh bahasa jemaah, karena mereka sangat terkendala dengan bahasa komunikasi," tandas pria berusia 47 tahun ini. (chi/jpnn)


SALAH seorang jemaah calon haji asal Indonesia, Faisal Halimi mengungkap penyebab hilangnya beberapa rombongan jemaah di Mina, Arab Saudi. 


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News