Jembatan Kukar Runtuh Akibat Tambahan Beban

Jembatan Kukar Runtuh Akibat Tambahan Beban
Jembatan Kukar Runtuh Akibat Tambahan Beban
JAKARTA - Tim Independen yang dibentuk Kementerian Pekerjaan Umum untuk meneliti penyebab runtuhnya Jembatan Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, memberikan penjelasan di Komisi V DPR, di Jakarta, Rabu (8/2).

Koordinator Tim, Prof Iswandi Imran menjelaskan penyebab keruntuhan Jembatan Kukar itu dipicu tegangan tambahan yang terjadi pada sistem hanger. "Terjadi pada saat pekerjaan pemeliharaan," katanya dalam rapat kerja yang dihadiri antara lain, Wakil Menteri PU Hermanto, Kabareskrim Komjen Sutarman, Kepala Basarnas, Kapolda Kaltim.

Iswandi mengatakan, menurut informasi telah dilakukan proses jacking di tengah bentangan. Pertama-tama, kata dia, jacking dilakukan di sisi hilir hingga hanger memendek 15 cm (dalam 3 tahapan). Kemudian dilanjutkan pada sisi hulu. "Saat jacking di sisi hulu, sambungan antara batang hanger dan kabel utama putus," ungkap dia.

Putusnya sambungan ini, menurut dia, memicu keruntuhan jembatan secara total. "Dan hanya membutuhkan waktu kurang dari 20 detik," katanya.

JAKARTA - Tim Independen yang dibentuk Kementerian Pekerjaan Umum untuk meneliti penyebab runtuhnya Jembatan Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News