Jenazah Istri Dubes RI di Pakistan Tiba di Indonesia Hari Ini

Jenazah Istri Dubes RI di Pakistan Tiba di Indonesia Hari Ini
Jenazah Istri Dubes RI di Pakistan Tiba di Indonesia Hari Ini

jpnn.com - JAKARTA - Pemerintah Pakistan sudah melakukan evakuasi jenazah Heri Listyawati, istri Dubes RI untuk Pakistan Burhan Muhammad, yang tewas karena kecelakaan helikopter MI-17 di Lembah Naltar. Evakuasi dilakukan pada pukul 10.00 waktu setempat Sabtu (12.00 WIB) ke ibu kota Islamabad. Dubes RI Burhan yang menderita luka juga sudah dibawa ke rumah sakit militer di kota yang sama.

Rencananya, jenazah Lilis, sapaan akrab Ibu Dubes RI, bakal dipulangkan ke Indonesia, Minggu (10/5). Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Arrmanatha Nasir mengungkapkan, proses pemulangan jasad dosen Hukum Agraria Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada itu bakal ditangani dan ditanggung pemerintah Pakistan.

Namun, dia mengaku belum mendapatkan informasi detil soal pemulangan tersebut."Untuk teknisnya kami belum memutuskan. Tadi siang, Ibu Menlu (Retno Marsudi, Red) bersama dengan Pak Sekjen (Yohanes Kristiarto Soeryo Legowo, Red) ke rumah duka di Jogjakarta sekaligus berdiskusi soal itu," ungkapnya. 
    
Untuk penanganan di lapangan, lanjut dia, Kemenlu menugaskan secara khusus Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Indonesia (WNI-BHI) Lalu Muhammad Iqbal ke Islamabad kemarin siang. Iqbal bakal mengurus pemulangan jenazah Lilis dan tindak lanjut perawatan Burhan.
    
Meski selamat, Dubes Burhan merupakan salah satu korban yang paling memprihatinkan. Menurut laporan AFP, Menteri Luar Negeri Pakistan Aizaz Ahmad Chaudhry menyebutkan bahwa Burhan dalam keadaan kritis dengan luka bakar di 75 persen di tubuhnya.
    
Sedangkan, Dubes Polandia Andrzej Ananiczolish menderita patah tulang belakang; Dubes Belanda Marcel de Vink menderita luka bakal di kaki dan wajah; dan  Dubes Malaysia Hasrul Sani Mujtabar juga menderita luka di bahu dan wajah.
    
Tiga menteri pemerintah Pakistan bakal secara langsung mengawal pemulangan empat korban meninggal di Helikopter MI-17. Menteri Pendidikan Pakistan Ahsan Iqbal bakal menemani pemulangan jenazah Lilis sekaligus istri dubes Malaysia Datin Habibah Mahmud. 

Sedangkan, Menteri Dalam Negeri Pakistan Abdul Qadir Baloch bakal menemani pemulangan jenazah Leif Larsen. Terakhir, Menteri Perdagangan bakal menemani jenazah Domingo Lucenario ke Filipina. (bil/sof/jpnn)

JAKARTA - Pemerintah Pakistan sudah melakukan evakuasi jenazah Heri Listyawati, istri Dubes RI untuk Pakistan Burhan Muhammad, yang tewas karena


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News