Jenderal Andika Hapus Tes Keperawanan Calon Prajurit Wanita TNI 

Jenderal Andika Hapus Tes Keperawanan Calon Prajurit Wanita TNI 
Kepala Pusat Kesehatan (Kapuskes) TNI Mayjen TNI Budiman saat memberikan keterangan pers di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (13/4/2022). ANTARA/Syaiful Hakim

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Pusat Kesehatan Tentara Nasional Indonesia Mayjen TNI Budiman mengatakan tes keperawatan bagi calon prajurit wanita TNI sudah dihapus.

Dia menyatakan bahwa penghapusan tes keperawanan itu sudah diberlakukan di tiga matra, yakni TNI AD, TNI AL, dan TNI AU. 

“Sudah efektif, sudah diberlakukan untuk seluruh matra, baik darat, laut maupun udara," kata Mayjen Budiman sesuai Rapat Koordinasi Teknis Kesehatan (Rakornikes) Tahun 2022 di Markas Besar TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (13/4).

Sesuai arahan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, kata Budiman, tes keperawanan tak memengaruhi mereka ketika menjalani pendidikan, latihan, dan bahkan penugasan sebagai wanita TNI. 

Oleh karena itu, lanjut dia, Jenderal Andika Perkasa menghapus tes keperawanan dari pemeriksaan badan calon prajurit wanita TNI.

"Bapak Panglima TNI menghapuskan persyaratan tersebut dalam buku petunjuk teknis pemeriksaan badan calon prajurit TNI," ujar Budiman.

Menurut dia, kebijakan Jenderal Andika itu tidak terkait langsung terhadap melonjaknya pelamar calon prajurit wanita.

Namun, kebijakan penghapusan tes keperawanan pada dasarnya untuk memberikan prinsip hak asasi manusia (HAM) bagi wanita yang kebetulan sudah tidak lagi perawan, baik karena sengaja maupun tidak.

Jenderal Andika menghapus tes keperawanan calon prajurit wanita TNI di tiga matra, yakni TNI AD, TNI AL, dan TNI AU.  

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News