Jenderal Djoko Manfaatkan Istri Muda untuk Sembunyikan Harta

Jenderal Djoko Manfaatkan Istri Muda untuk Sembunyikan Harta
Jenderal Djoko Manfaatkan Istri Muda untuk Sembunyikan Harta
JAKARTA – Terdakwa kasus korupsi Driving Simulator SIM dan Tindak Pidana Pencucian Uang, Irjen Djoko Susilo, diduga memanfaatkan istri-istri mudanya untuk menyamarkan harta hasil korupsi. Djoko menggunakan nama istri kedua dan ketiganya, yakni Mahdiana dan Dipta Anindita untuk menyembunyikan harta yang keabsahan sumbernya dicurigai KPK.

Jaksa Penuntut Umum (JPU) Komisi Pemberantasan Korupsi, Pulung Rinandoro, saat membacakan surat dakwaan atas Djoko dalam sidang di Pengadilan Tipikor Jakarta, Selasa (23/4) mengungkapkan, ada beberapa aset yang diduga milik bekas Kepala Korlantas Polri itu yang dicatatkan dengan menggunakan nama istri mudanya.

JPU menguraikan, pria kelahiran 7 Oktober 1960 itu seolah-olah melakukan jual beli tanah dan bangunan.  Selama kurun waktu 2010-2012, Djoko membeli aset dengan menggunakan nama lain. Misalnya pada tanggal 27 Oktober 2010, Djoko dengan menggunakan nama Djoko Waskito (ayah kandung Dipta Anindita, red) untuk membeli sebidang tanah seluas 2.640 m2 berikut fasilitas SPBU di atasnya,  di Kapuk Muara, Jakarta Utara, senilai Rp 5,34 miliar.

Lahan dan SPBU itu dibeli dari Soekirno dan Nurul Aini Soekirno. Sementara untuk pembayaran  transaksinya, Djoko menggunakan jasa seseorang bernama Erick Maliangkay. "Namun kepemilikan atas tanah tersebut masih tetap menggunakan nama Nurul Aini Soekarno," sebut JPU.

JAKARTA – Terdakwa kasus korupsi Driving Simulator SIM dan Tindak Pidana Pencucian Uang, Irjen Djoko Susilo, diduga memanfaatkan istri-istri

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News