Jenderal Ini Menyerahkan Diri Setelah Diburu Terkait Penyelundupan Manusia

Jenderal Ini Menyerahkan Diri Setelah Diburu Terkait Penyelundupan Manusia
Manus Kongpan (kiri).

jpnn.com - BANGKOK - Manas Kongpan akhirnya menyerahkan diri kepada kepolisian Thailand setelah dinyatakan terlibat dalam sindikat penyelundupan manusia di negara tersebut, Rabu (3/6). 

Perwira militer Thailand berpangkat Jenderal tersebut merupakan sosok penting yang paling diincar untuk pemberantasan penyelundupan manusia di Thailand. 

Selama perburuan Kongpan, polisi telah mengeluarkan sebanyak 84 orang untuk ditangkap dan baru 51 orang yang berhasil ditahan atau sebagian menyerahkan diri.

Manas mengaku bersedia diadili berdasarkan undang-undang. "Saya hanya menginginkan keadilan dan bersedia bekerjasama penuh kepada polisi," katanya.

Menurutnya, dia menyerahkan diri di kantor polisi di Padang Besar, lokasi yang dipercaya digunakan oleh sindikat penyelundupan manusia untuk beroperasi.

"Apa pun keputusan pengadilan, saya siap menerimanya," tambahnya.

Manas Kongpan, 53, bertugas di wilayah selatan Thailand itu sejak tahun 2007 sebelum dilantik sebagai penasihat pada April lalu. Dia adalah pejabat militer pemerintah di wilayah Songkhla dan Chumphon.

Operasi terhadap sindikat tersebut dilancarkan setelah beberapa kemp penyelundupan manusia dan kuburan massal para migran ditemukan di sempadan Thailand dan Malaysia.

BANGKOK - Manas Kongpan akhirnya menyerahkan diri kepada kepolisian Thailand setelah dinyatakan terlibat dalam sindikat penyelundupan manusia di

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News