Jenderal Listyo Siapkan Manajemen Kontingensi di Kudus, Diawasi TNI-Polri

Jenderal Listyo Siapkan Manajemen Kontingensi di Kudus, Diawasi TNI-Polri
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto memimpin rapat koordinasi penanganan Covid-19 di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Minggu (6/6/2021) (ANTARA/HO-Divisi Humas Polri)

jpnn.com, KUDUS - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyiapkan manajemen kontingensi dalam menangani lonjakan kasus Covid-19 di Kudus, Jawa Tengah (Jateng).

Di antara upaya yang dilakukan adalah memperkuat pelaksanaan swab test RT-PCR dan edukasi 5M (mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas) serta 3T (testing, tracing, dan treatment).

Langkah itu penting untuk mengantisipasi jangan sampai kejadian di Kudus tidak meluas hingga ke daerah di sekitarnya.

"Yang selesai tracing dan reaktif langsung diarahkan untuk tidak keluar rumah dan isolasi mandiri sampai dengan hasil RT-PCR keluar," ucap Jenderal Listyo dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin (7/6).

Mantan Kabareskrim Polri itu menyatakan pengawasan terhadap masyarakat yang menjalani isolasi mandiri akan dilakukan oleh tim gabungan TNI-Polri.

"Diawasi petugas TNI-Polri di PPKM mikro. Ini untuk mencegah agar yang reaktif tidak menularkan ke masyarakat lain," kata Listyo yang turun ke Jateng bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kepala BNPB Ganip Warsito sejak Sabtu (5/6).

Mantan Kapolda Banten itu juga mengatakan bagi masyarakat tengah menjalani isolasi mandiri dan hasil tes RT-PCR menunjukkan hasil positif, mereka akan dipindahkan ke tempat rujukan yang telah disiapkan.

Salah satu lokasi rujukan isolasi terpusat di Jateng yang telah disiapkan, yakni di Asrama Haji Donohudan Boyolali. Di sana terdapat 800 tempat tidur dilengkapi tenaga kesehatan dan penjagaan ketat dari TNI-Polri.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto turun langsung ke Kudus untuk melihat penanganan Covid-19 di sana.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News