Jenderal Sigit Pantau Langsung Arus Mudik di Tol dan Jalan Arteri

Jenderal Sigit Pantau Langsung Arus Mudik di Tol dan Jalan Arteri
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memantau arus mudik dari helikopter. Dok Humas Polri.

jpnn.com, JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memantau langsung situasi terkini arus mudik Lebaran 2023. Peninjauan itu melalui via udara menggunakan helikopter.

Sigit mengamati secara langsung arus lalu lintas mudik Lebaran mulai dari jalan tol ataupun jalan arteri. Adapun yang dipantau antara lain wilayah Jakarta, Cikampek, Cirebon, Bandung, dan daerah sekitarnya.

Peninjauan tersebut dilakukan Sigit untuk mengetahui secara langsung apakah saat ini sudah terjadi peningkatan volume kendaraan pemudik hingga titik-titik rawan macet ketika arus mudik berlangsung.

Tinjauan udara Kapolri tersebut juga sebagai komitmen menindaklanjuti instruksi dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mewujudkan pengamanan arus mudik dan balik Lebaran 2023 yang lebih baik. 

Sigit sebelumnya memastikan pihaknya terus mematangkan kesiapan serta melakukan evaluasi dalam rangka mengamankan arus mudik dan balik Lebaran 2023.

Mantan Kabareskrim itu menyatakan kesiapan yang terus dibahas dan dilakukan di antaranya terkait dengan penerapan rekayasa lalu lintas (lalin) berupa contra flow, one way, hingga ganjil-genap saat arus mudik-balik Lebaran 2023.

"Walaupun pada puncak arus, pasti akan terjadi peningkatan arus yang menyebabkan kondisi kemacetan, karena memang kapasitas jalan terisi volume yang lebih besar dari biasanya," kata dia dalam siaran persnya, Sabtu (15/4).

Sigit menuturkan strategi rekayasa lalu lintas di jalan tol tersebut perlu dipersiapkan agar perjalanan mudik tahun ini bisa lebih baik, aman, dan lancar. Apalagi, pada tahun ini jumlah pemudik diprediksi akan mengalami peningkatan.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memantau langsung situasi arus mudik lebaran di tol dan jalan arteri.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News