Jepang Meradang Presiden Korsel Kunjungi Pulau Sengketa

Jepang Meradang Presiden Korsel Kunjungi Pulau Sengketa
Jepang Meradang Presiden Korsel Kunjungi Pulau Sengketa
KUNJUNGAN Presiden Korea Selatan (Korsel) Lee Myung-bak ke sekelompok pulau sengketa, kemarin, membuat Jepang meradang. Jepang menarik duta besarnya di Korea Selatan sebagai protes atas kunjungan ke kepulauan diklaim Tokyo dan Seoul.

Menurut Menteri Luar Negeri Jepang Koichiro Gemba, dia tidak tahu kapan duta besar akan kembali ke Korsel. Selain penarikan dubes Jepang, Gemba juga  memanggil duta besar Korsel untuk menunjukkan keresahan Jepang terhadap kunjungan Presiden Lee ke kepulauan --yang Jepang sebut Takeshima, sementara Korsel menamai Dokdo.

Gemba mengatakan kepulauan yang dikendalikan Korsel, yang berada di Laut Jepang (Laut Timur), merupakan wilayah Jepang, baik secara historis maupun hukum internasional.

"Saya protes keras kepada duta besar dan saya katakan kepadanya bahwa para pemimpin negara kita sudah sepakat harus menata hubungan dari sudut pandang yang lebih luas dan tindakan ini berlawanan dengan prinsip tersebut,” terang Gemba.

KUNJUNGAN Presiden Korea Selatan (Korsel) Lee Myung-bak ke sekelompok pulau sengketa, kemarin, membuat Jepang meradang. Jepang menarik duta besarnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News