Jepang Targetkan Jaringan 6G pada 2030

Jepang Targetkan Jaringan 6G pada 2030
Jaringan komunikasi nirkabel 6G. Foto: pixabay

jpnn.com - Jepang sudah menargetkan realisasi jaringan komunikasi nirkabel generasi keenam, 6G, pada 2030.

Oleh karena itu, Jepang mulai menyusun strategi komprehensif pada musim panas ini, dan membentuk panel pada akhir bulan untuk membahas jaringan 6G, menggantikan teknologi 5G.

Dikutip dari Japan Times, Rabu, menurut Kementerian Dalam Negeri dan Komunikasi, panel tersebut akan membahas pengembangan teknologi, metode dan kebijakan pemanfaatan 6G.

“Pengenalan standar yang baik untuk jaringan komunikasi nirkabel generasi mendatang, sangat diperlukan untuk meningkatkan daya saing internasional Jepang," kata Menteri komunikasi Sanae Takaichi.

Tokyo berharap penyusuanan strategi lebih cepat, dan bisa memimpin upaya standardisasi di 6G.

Panel tersebut akan melibatkan perwakilan dari sektor swasta serta peneliti universitas dan akan mendengar pendapat dari berbagai industri untuk mempelajari tantangan 6G. Sesi pertama panel tersebut dijadwalkan Senin depan.

Membandingkan dengan jaringan 5G, jaringan 6G akan memiliki kecepatan transmisi data yang lebih cepat, kemampuan untuk terhubung ke beberapa perangkat secara bersamaan dalam skala yang lebih besar, dan juga diharapkan dapat menampilkan langkah keamanan lebih luas serta mengurangi konsumsi daya. (antara/jpnn)

Jepang sudah menargetkan realisasi jaringan komunikasi nirkabel generasi keenam, 6G, pada 2030.


Redaktur & Reporter : Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News