Jepang Tolak Kopi Indonesia

Jepang Tolak Kopi Indonesia
Jepang Tolak Kopi Indonesia
JAKARTA -  Komoditas kopi merupakan penopang ekspor non migas utama Indonesia. Tapi sayangnya ekspor komoditas tersebut harus terhalang dengan non tariff barrier yang ditetapkan oleh negara-negara tujuan ekspor. Yang terbaru Jepang.

Direktur Eksekutif Pertanian dan Kehutanan Kementerian Perdagangan Mardjoko mengatakan saat ini Jepang telah menetapkan syarat kandungan kopi yaitu karbaril. Karbaril merupakan salah satu jenis zat yang digunakan sebagai insektisida.

"Jepang memberikan batas minimum kandungan karbaril pada kopi 0,01 miligram per kilogram. Sedangkan kopi Indonesia memiliki kandungan karbaril 0,1 persen," terangnya saat ditemui kemarin.

Menurut Mardjoko itu sangat berat sekali mengingat penggunaan insektisida jenis itu masih banyak digunakan oleh petani kopi. Untuk menurunkan kadarnya dibutuhkan teknologi dengan investasi yang cukup besar. Dan itu akan memberatkan pengusaha eksporter kopi.

JAKARTA -  Komoditas kopi merupakan penopang ekspor non migas utama Indonesia. Tapi sayangnya ekspor komoditas tersebut harus terhalang dengan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News