Jerawat Muncul Meski di Rumah Saja? ini 4 Biang Keroknya

Jerawat Muncul Meski di Rumah Saja? ini 4 Biang Keroknya
Jerawat. Foto Familinia

jpnn.com - Selama berada di rumah saja, Anda mungkin berpikir kulit menjadi lebih sehat karena terhindar dari polusi, sinar matahari, dan terhindar dari zat kimia lainnya. Namun meski di rumah saja, Anda justru mengalami masalah jerawat. Apa sebenarnya penyebab jerawat bisa muncul meski Anda di rumah saja?

Penyebab jerawat muncul meski di rumah saja

Jerawat adalah kondisi kulit yang terjadi ketika folikel rambut, atau bagian kulit tempat tumbuhnya rambut, tersumbat oleh minyak dan sel-sel kulit mati. Jerawat biasanya muncul di wajah, tetapi kondisi kulit ini juga bisa terjadi di dada, punggung, dan bahu.

Umumnya, jerawat terjadi karena beberapa faktor, seperti kelebihan produksi minyak di kulit, menumpuknya sel-sel kulit mati di pori-pori, menumpuknya bakteri di kulit. Selain itu, ada pula faktor hormon yang menjadi penyebab jerawat.

Banyak orang berpikir jerawat muncul karena muka yang tidak bersih akibat polusi dan aktivitas di luar rumah. Namun, sebenarnya jerawat pun bisa muncul meski Anda hanya berada di rumah. Berikut beberapa penyebabnya:

1. Kekurangan vitamin D

Vitamin D sangat penting untuk kesehatan kulit dan tubuh. Tubuh membutuhkan vitamin D untuk meningkatkan sistem kekebalan yang pada akhirnya juga baik untuk kesehatan kulit. Selain itu, vitamin D juga bersifat antibakteri yang dapat membantu kulit mencegah peradangan akibat bakteri.

Vitamin D secara alami dapat diperoleh dari sinar matahari. Dengan demikian, seseorang yang hanya di rumah saja berisiko mengalami kekurangan vitamin D dan bisa saja jerawat menjadi muncul, meski hal ini tidak sepenuhnya bisa terjadi pada setiap orang.

Meski di rumah saja, Anda justru mengalami masalah jerawat. Apa sebenarnya penyebab jerawat bisa muncul meski Anda di rumah saja?

Sumber HelloSehat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News