Jerman Istimewa Buat Sandhy

Jerman Istimewa Buat Sandhy
Sandhy Sandoro, penyanyi yang mengawali karier menyanyinya di Jerman, saat konser di Rolling Stones Cafe, Kemang, Jakarta, Minggu (29/4). FOTO: Angger Bondan/Jawa Pos
JAKARTA - Jerman adalah negara yang istimewa untuk Sandhy Sondoro. Kalau dulu dia tidak memutuskan pergi ke Jerman, belum tentu dia akan menjadi seperti sekarang.

Hal itu diceritakan Sandhy seusai manggung di konser Jerin (Jerman Indonesia) yang diadakan Minggu malam (29/4) di Rolling Stone Cafe, Ampera, Jakarta Selatan.

"Jerman buat saya sangat istimewa. Mulai kurun waktu 1998 sampai sekarang, tanpa ada Jerman, enggak mungkin mental saya akan terbentuk seperti ini," kata penyanyi yang lahir di Jakarta, 12 Desember 1980 tersebut.

Kala itu penyanyi yang baru merilis album terbarunya, Find the Way, tersebut memutuskan untuk merantau ke Jerman. Di sana dia adalah minoritas. "Saya Asia dan minoritas. Itu yang membuat saya mendapat tekanan," lanjutnya.

JAKARTA - Jerman adalah negara yang istimewa untuk Sandhy Sondoro. Kalau dulu dia tidak memutuskan pergi ke Jerman, belum tentu dia akan menjadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News