Jerry Sambuaga Optimistis IKN Bisa Mempercepat Perdagangan di Luar Jawa dan Sumatera 

Jerry Sambuaga Optimistis IKN Bisa Mempercepat Perdagangan di Luar Jawa dan Sumatera 
Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga saat mengunjungi Ibu kota baru di Kalimantan Timur akhir pekan lalu. Foto Humas Kemendag RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga menyebut pihaknya siap melakukan transisi menuju ibu kota negara (IKN) Nusantara, meliputi sumber daya manusia, sistem, dan juga sarana prasarana lainnya.

"Jadi, perpindahan ke ibu kota negara (IKN) baru bukan hanya perpindahan fisik, tetapi juga bagaimana supaya sistemnya bertransisi dengan baik dan lancar. Itulah sekarang sedang kami persiapkan," kata Jerry, Rabu (22/2).

Dia mengungkapkan Presiden Joko Widodo sangat visioner dengan wacana membentuk ibu kota baru yang lebih modern,  menjangkau seluruh Indonesia, lebih ekologis dan transformatif. 

Jerry memastikan Kemendag ingin mendukung dan mengimplementasikan gagasan Presiden Jokowi mengenai wajah baru di IKN baru.

Dilihat dari posisi geografis, menurut Jerry, gagasan Presiden Jokowi untuk memindahkan lokasi IKN menjadi di tengah membuat keterjangkauan ke seluruh wilayah Indonesia akan lebih baik. 

“Saya kagum Pak Presiden sangat memperjuangkan pemerataan pembangunan, khususnya bagi Kawasan Timur Indonesia. Dengan adanya perpindahan ini, saya yakin roda ekonomi di kawasan timur akan makin merata,” imbuh Jerry. 

Secara simbolis, jarak pusat dan Indonesia Timur akan makin dekat. Secara substantif juga begitu.

Keterjangkauan dan perhatian pusat terhadap Indonesia Timur tentu akan lebih besar. Ini angin segar bagi masyarakat luar Jawa dan Indonesia Timur.

Wamendag Jerry Sambuaga optimistis IKN akan mempercepat perdagangan di luar Jawa dan Sumatera 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News