Jika tak Ada JK, Century Senasib BLBI

Jika tak Ada JK, Century Senasib BLBI
Jika tak Ada JK, Century Senasib BLBI
JAKARTA -- Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) punya andil besar dalam upaya mengungkap skandal Bank Century. Keterangan JK di depan Pansus Angket pada Kamis (14/1) lalu berhasil membalik pengakuan sejumlah pejabat yang sudah dimintai keterangan sebelumnya. Ketua Masyarakat Profesional Madani, Ismed Hassan Putro mengatakan, penjelaskan JK mulai membuka 'bungkusan bau busuk' di balik skandal keuangan tersebut.

"Kalau tidak ada JK, nasib skandal ini akan sama dengan kasus BLBI yang tidak ada penyelesaiannya," ungkap Ismed Hassan Putro dalam diskusi bertema 'Menebak Arah Drama Century' di Waroeng Daoen, Jakarta, Sabtu (16/1).

Dia mengatakan, dalam sejarah republik ini, hampir semua skandal keuangan yang merugikan negara diselesaikan melalui deal-deal politik para elit. Contohnya kasus Buloggate I, Buloggate II, maupun kasus Bank Bali. Dalam kasus Bank Bali, kata Ismed, DPR gagal membentuk pansus lantaran saat itu para politisi Partai Golkar mengancam akan mengungkap skandal-skandal yang melibatkan partai-partai lain. Akhirnya, pansus Bank Bali gagal dibentuk.

"Karena masing-masing partai punya kartu As. Hampir semua partai punya kelemahan masing-masing, yang diketahui partai lain," ujarnya. Karenanya, kerja pansus Bank Century juga punya potensi besar diselesaikan dengan deal-deal politik antarelit partai. Potensi ini bisa menjadi kenyataan jika proses hukum kasus ini juga tidak jelas.

JAKARTA -- Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) punya andil besar dalam upaya mengungkap skandal Bank Century. Keterangan JK di depan Pansus Angket

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News