Jika Terpilih, Ganjar-Mahfud Akan Angkat Guru Honorer-PPPK Jadi ASN dan Gaji Naik

Jika Terpilih, Ganjar-Mahfud Akan Angkat Guru Honorer-PPPK Jadi ASN dan Gaji Naik
Juru Bicara Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud Aris Setiawan Yodi menyampaikan, pasangan capres dan cawapres Ganjar-Mahfud berkomitmen untuk mensejahterakan guru. Foto: source for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Juru Bicara Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud Aris Setiawan Yodi menyampaikan, pasangan capres dan cawapres Ganjar-Mahfud berkomitmen untuk mensejahterakan guru.

Menurut mereka, guru merupakan pilar utama pembentuk Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia yang unggul.

Jika terpilih, Ganjar-Mahfud berjanji akan mengangkat guru honorer, guru PPPK, dan guru swasta menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN). Gaji guru juga akan ditingkatkan hingga Rp 30 juta per bulan.

"Dalam dokumen visi-misi Ganjar Mahfud, jelas tertulis bahwa guru dan dosen harus sejahtera, berkualitas dan kompeten agar sejajar dengan negara maju. Pendapatan guru dan dosen harus meningkat dan sejahtera melalui penyempurnaan sertifikasi guru dan dosen secara lebih sederhana," ujar Aris dalam keterangan persnya, Sabtu (25/11/2023).

Menurut Aris, komitmen Ganjar-Mahfud sejahterakan guru tidak lepas dari pengalaman hidup Ganjar-Mahfud yang terlahir dari keluarga sederhana, namun dapat meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidupnya melalui pendidikan.

Bagi Ganjar-Mahfud, guru merupakan penjaga masa depan anak-anak muda Indonesia, yang otomatis menjadi penjaga masa depan negeri.

"Pak Ganjar dan Pak Mahfud sadar betul bahwa jika Indonesia ingin setara dengan negara-negara maju, maka SDM nya harus unggul terlebih dahulu. Dengan demikian, dunia pendidikan harus jadi fokus utama. Tentunya, pendidikan tidak akan berjalan maksimal kalau guru dan dosennya belum sejahtera dan digaji layak," kata Aris.

"Jika terpilih, Mas Ganjar dan Pak Mahfud berjanji akan mengangkat semua guru baik yang saat ini statusnya honorer, PPPK, bahkan guru swasta menjadi ASN. Tidak sampai di situ, gaji guru juga akan ditingkatkan. Guru yang baru berkarir akan digaji sekitar Rp 10 juta / bulan, dan guru yang sudah beberapa tahun berkarir dan berkompetensi standarnya akan digaji Rp 30 juta / bulan," lanjut Aris.

Juru Bicara TPN Ganjar-Mahfud Aris Setiawan Yodi menyampaikan, pasangan capres dan cawapres Ganjar-Mahfud berkomitmen untuk mensejahte

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News