JIP Hadirkan Internet Gratis di Area Publik Rusunawa Jakarta

JIP Hadirkan Internet Gratis di Area Publik Rusunawa Jakarta
Salah satu menara yang dibangun oleh PT Jakarta Infrastruktur Propertindo (JIP). Foto dok JIP

jpnn.com, JAKARTA - PT Jakarta Infrastruktur Propertindo (JIP) bekerja sama dengan Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Diskominfotik) Jakarta, menyediakan fasilitas internet atau wifi gratis untuk warga rusunawa.

Program yang dikenal sebagai Jak wifi ini dihadirkan dalam mendukung keterjangkauan dan kemudahan akses informasi bagi warga rumah susun sederhana sewa (rusunawa) di era digital.

Program ini merupakan bagian dari tanggung jawab sosial perusahaan atau CSR untuk memperluas jangkauan akses internet di area publik rusunawa, guna mendorong semangat kreativitas bagi pendidikan serta usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Sejauh ini, fasilitas internet gratis telah tersedia di 73 akses poin yang tersebar di 19 lokasi rusunawa di wilayah Provinsi Jakarta, dengan dua tahap pemasangan sejak 2020.

Pada 2024, rencananya akan ada penambahan infrastruktur akses wifi tahap III di lokasi rusunawa tambahan, termasuk Muara Baru, Kapuk Muara, Tambora, dan Flamboyan.

General Manager Corporate Secretary & Legal PT Jakarta Infrastruktur Propertindo, Aji Rizqi Yodhana menuturkan sejak dioperasikan, wifi gratis ini telah digunakan 13,342 pengguna dari 2020 hingga Maret 2024. Jak wifi dapat diakses di area publik di setiap rusunawa dari pukul 06.00 hingga 21.00 WIB.

”Kami berharap layanan ini dapat turut mendukung meringankan beban warga dalam mengakses informasi dan sumber belajar online tanpa terkendala biaya. Selain itu, program ini juga dapat bermanfaat bagi keluarga dengan anak-anak sekolah yang membutuhkan akses internet untuk pembelajaran online, serta membantu warga yang bekerja dari rumah atau menjalankan usaha kecil dan menengah,” ujar Aji.

Program Jak wifi yang menawarkan bandwidth hingga 50 mbps ini, juga dilengkapi dengan Networking Management System (NMS) yang memungkinkan pemantauan trafik internet pengguna di tiap rusunawa.

Inisiatif CSR pelaksanaan wifi gratis oleh JIP di rusunawa wilayah Jakarta ini merupakan langkah nyata dalam mendukung ketahanan sosial ekonomi masyarakat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News