JK Anggap Pasar Modal Bukan Indikator Ekonomi

JK Anggap Pasar Modal Bukan Indikator Ekonomi
JK Anggap Pasar Modal Bukan Indikator Ekonomi
JAKARTA - Indikator baik atau buruknya perekonomian Indonesia bukan terletak pada pasar modal. Hal itu ditegaskan mantan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla (JK). Ia mengatakan, indikatornya ekonomi negara justru ada di sektor riil.

"Pasar modal itu penting, tetapi yang lebih penting lagi adalah Pasar Tanah Abang, Pasar Senen, Pasar Kliwon (di Solo)," kata JK di Jakarta, Kamis (2/2).

Menurutnya, masyarakat Indonesia selalu salah kaprah tatkala melihat kondisi ekonomi membaik dengan semakin meningkatnya industri pasar modal. Sebaliknya, ketika kondisi memburuk akibat kinerja pasar modal menurun. "Dasar pemikiran ekonomi kita itu harus sesuai dengan kondisi riil," ujarnya.

Oleh karena itu, JK mengaku dirinya tidak menyukai apabila ada pejabat negara yang mengatakan dasar penentuan kebijakan yang diambil atas permintaan pasar. "Saya paling tidak suka mendengar kalau menteri mengatakan "ini maunya pasar, pasar apa?" Kalau Pasar Senen saya mau dengar, tapi kalau pasar bursa, itu urusannya pasar," terangnya.

JAKARTA - Indikator baik atau buruknya perekonomian Indonesia bukan terletak pada pasar modal. Hal itu ditegaskan mantan Wakil Presiden RI, Jusuf

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News