JK Kagumi Budaya Tionghoa

Tanamkan Jiwa Wiraswasta

JK Kagumi Budaya Tionghoa
JK Kagumi Budaya Tionghoa
JAKARTA--Pengangguran menjadi problem berat Indonesia ke depan setelah kemiskinan. Untuk mengatasi pengangguran, perlu menumbuhkan semangat wiraswasta pada generasi muda bangsa sehingga tercipta lapangan kerja. Hal ini ditegaskan Jusuf Kalla (JK) di Jakarta, Kamis (4/6). Meski tidak mudah, kata JK, menanamkan semangat wiraswasta dipastikan bisa menjadi salah satu solusi strategis mengatasi persoalan pengangguran. Capres nomur urut 3 itu mengaku risau melihat generasi muda lulusan perguruan tinggi saat ini cenderung tidak lagi memiliki semangat kewirausahaan.

"Banyak lulusan perguruan tinggi termakan mitos bahwa bekerja sebagai PNS dan sektor formal lebih terhormat dibanding berwirausaha," ujar Wapres RI ini. JK pun mengaku kagum dengan budaya di kalangan Tionghoa. Mereka lebih suka mendorong anaknya menjadi pengusaha.

"Kalau mereka memiliki lima anak, maka hampir bisa dipastikan semua anaknya menjadi pengusaha, lima-limanya. Otomatis mereka bukan mencari pekerjaan tapi justru menciptakan lapangan kerja," kata JK.

Pria asal Makassar itu menilai, sektor pertanian dan perikanan yang dulu sering disia-siakan, di masa mendatang harus menjadi tulang punggung perekonomian nasional. "Pembangunan industri pertanian dan maritim harus memperoleh prioritas sangat tinggi, mungkin yang tertinggi," katanya. Di samping itu, kata JK, Indonesia juga harus mengembangkan industri manufaktur secara terus-menerus.

JAKARTA--Pengangguran menjadi problem berat Indonesia ke depan setelah kemiskinan. Untuk mengatasi pengangguran, perlu menumbuhkan semangat wiraswasta

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News