JK Pimpin Upacara 10 Tahun Tsunami Aceh

JK Pimpin Upacara 10 Tahun Tsunami Aceh
JK Pimpin Upacara 10 Tahun Tsunami Aceh. Foto JPNN.com

jpnn.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla memimpin upacara peringatan 10 Tahun Tsunami Aceh di lapangan Blang Padang, Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh, Jumat (26/12).

Informasi yang dihimpun, sesudah memimpin upacara, JK akan melaksanakan salat Jumat di Masjid Raya Baiturrahman. Setelah itu JK dan rombongan akan dijamu makan siang di Pendopo Gubernur Aceh, dan sore harinya dijadwalkan kembali ke Jakarta.

JK ke Aceh didampingi oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Sofyan Djalil, Menteri ESDM Sudirman Said, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Menteri Agraria dan Tata Ruang Ferry Mursyidan Baldan, dan Menteri PAN dan RB Yuddy Chrisnandi.

Rangkaian acara dimulai sejak kemarin. Mulai dari Aceh Berzikir, upacara peringatan 10 Tahun Tsunami Aceh, Pameran Kebencanaan, Seni Kreatif, Pameran Foto dengan Tema Rekonstruksi dan Pengurangan Risiko Bencana, Malam Kesenian Aceh atau Malam Apresiasi, dan Run ID/Tsunami 10 K. Peringatan 10 Tahun Tsunami Aceh juga digelar sebagai wujud syukur dan terima kasih warga Serambi Mekah kepada dunia yang telah mengulurkan tangan.

Seperti diketahui, Minggu pagi 26 Desember 2004 lalu, gempa berkekuatan 9.1 skala Richter disusul tsunami memorak-porandakan Aceh. Bencana tersebut mengakibatkan 126.741 jiwa meninggal, 93.285 orang hilang, 500 ribu warga kehilangan tempat tinggal, dan hampir 750 ribu orang kehilangan pekerjaan.

Kini, warga Aceh bangkit kembali setelah diterjang gelombang tsunami setinggi sekitar 30 meter. Setelah sempat hancur, Aceh menjelma sebagai sebuah provinsi yang lebih maju dan lebih waspada terhadap bencana. (rus/rmo/jpnn)

 


Wakil Presiden Jusuf Kalla memimpin upacara peringatan 10 Tahun Tsunami Aceh di lapangan Blang Padang, Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh, Jumat (26/12).


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News