JK Punya 3 Pengalaman Berharga, Jangan Remehkan Jelang Pilpres 2024

JK Punya 3 Pengalaman Berharga, Jangan Remehkan Jelang Pilpres 2024
Wapres Jusuf Kalla. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA  - Jusuf Kalla layak menjadi tempat berkonsultasi bagi para ketua umum partai jelang Pilpres 2024 mendatang.

Pasalnya, menurut Dosen Komunikasi Politik Universitas Gadjah Mada (UGM) Nyarwi Ahmad, Jusuf Kalla memiliki tiga pengalaman berharga

JK, panggilan akrabnya, sudah pernah menjadi wakil presiden (wapres) untuk dua pemerintahan yang berbeda.

“JK merupakan satu-satunya tokoh parpol di Indonesia yang pernah menduduki jabatan sebagai wapres dalam dua pemerintahan yang berbeda. Di era periode pertama pemerintahan Presiden SBY dan di era periode pertama pemerintahan Presiden Jokowi,” ujar Nyarwi dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Minggu (7/5).

Dengan demikian, tutur Nyarwi melanjutkan, JK memiliki pengalaman dalam menyusun dan mengelola koalisi partai politik untuk mendukung pasangan calon presiden dan calon wakil presiden.

“Kedua, adalah pengalaman dalam memenangkan pertarungan Pilpres 2004 dan 2014,” tuturnya.

Ketiga, pengalaman JK dalam mengelola pemerintahan bersama presiden terpilih periode 2004-2009 dan 2014-2019.

“Tiga jenis pengalaman JK tersebut jelas menjadi pengetahuan yang berharga bagi para ketua umum partai yang saat ini masih galau untuk merumuskan blok koalisi yang solid,” ujar Direktur Eksekutif Indonesian Presidential Studies (IPS) ini.

Jusuf Kalla atau JK disebut punya tiga pengalaman berharga sehingga layak jadi tempat para ketua umum partai berkonsultasi jelang Pilpres 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News