Jogja Lembali Gelar Sekaten

Jogja Lembali Gelar Sekaten
Jogja Lembali Gelar Sekaten

JOGJA - Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS) di Alun-Alun Utara Jogjakarta yang memang baru akan dibuka tanggal 15 Januari 2010. Mengawali rangkaian acara tahunan tersebut, kemarin dilakukan upacara penanda bersiapnya panitia menggelar Sekaten dengan Pasang Pathok.

Pada Pasang Pathok, yang mengadopsi dari pasang batu pertama di sebuah pembangunan gedung ini, dilakukan dengan bertepatan dengan 1 Syuro penanggalan Jawa. Sebagai simbol diserahkannya lahan alun-alun utara dari pihak Kraton Ngayogyokarta kepada Pemerintah Kota Jogjakarta.

Perubahan melakukan pemasangan pathok yang telah dilakukan dua tahun lalu ini, memang menekankan seni dan tradisi. Ini dilakukan sebagai bentuk dari wujud menjaga seni tradisi yang kian lama terkikis budaya baru sesuai dengan perkembangan jaman. Pasalnya, pelaksanaan sekaten 2010 bertepatan dengan tahun Dal, yang jatuh setiap delapan tahun sekali.

Acara kemarin, diawali dengan Wilujengan Hageng Pemancangan Pathok Pertama Sekaten, di Kantor Kecamatan Kraton, dilakukan, Wakil Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti."Upacara yang dilakukan saat ini sebagai bentuk dari upaya menekankan unsure, seni, tradisi dan religi sesuai dengan hakikat dari Sekaten itu sendiri,"tuturnya, kemarin, saat memberikan sambutan.

JOGJA - Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS) di Alun-Alun Utara Jogjakarta yang memang baru akan dibuka tanggal 15 Januari 2010. Mengawali rangkaian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News