John McCain Puji Islam dan Demokrasi di Indonesia

John McCain Puji Islam dan Demokrasi di Indonesia
John McCain Puji Islam dan Demokrasi di Indonesia

jpnn.com - JAKARTA -  Senator Amerika Serikat (AS) John McCain memuji Indonesia sebagai negara berpenduduk muslim terbesar di dunia namun mampu menyeimbangkan Islam dan demokrasi. Hal itu disampaikannya dalam keterangan pers seusai bertemu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Kantor Presiden, Selasa (12/8).

“Kami percaya Indonesia adalah bangsa yang terbuka dan demokratis. Dengan kepemimpinan Presiden SBY, dan sebagai negara dengan penduduk muslim terbanyak, Indonesia bisa menjadi model seimbangnya kehidupan demokrasi dan Islam. Kami berharap situasi Indonesia senantiasa damai," ujar McCain.

Rival Barack Obama dalam pemilihan presiden di AS tahun 2008 itu menambahkan, AS sepakat dan berkomtimen untuk meningkatkan hubungan kerja sama dengan Indonesia. "Kami bangga dan akan terus memperkuat hubungan kerja sama dengan Indonesia, diantaranya di bidang ekonomi, pendidikan, lingkungan, dan militer," sambung McCain.

Persoalan Negara Islam Irak Suriah atau yang lebih dikenal dengan ISIS juga turut disinggung dalam pertemuan antara SBY dengan McCain Menurut Staf Khusus Presiden bidang Hubungan Internasional, Teuku Faizasyah, fenomena ISIS ini juga dirasakan oleh banyak negara, termasuk AS.

"Indonesia diharapkan bisa menjadi contoh kombinasi yang baik antara demokrasi dan Islam," kata Faizasyah yang memberi keterangan sesudah McCain.

Presiden SBY dan Senator McCain serta Senator Sheldon Whitehouse juga memperbincangkan tentang peluang kerjasama antara Indonesia dan AS. Presiden SBY berkomitmen kuat meneruskan hubungan erat kedua negara.

"Terkait Presiden RI yang baru nanti, tidak perlu ada kekhawatiran dan kesangsian terhadap hubungan kerja sama Indonesia dan Amerika Serikat," sambung Faizasyah.

Pertemuan itu juga menyinggung berbagai isu utama dan perkembangan kawasan. Di antaranya isu Laut China Selatan dan pandangan SBY tentang reformasi yang terjadi di Myanmar.

JAKARTA -  Senator Amerika Serikat (AS) John McCain memuji Indonesia sebagai negara berpenduduk muslim terbesar di dunia namun mampu menyeimbangkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News