Selasa, 18 Juni 2019 – 03:58 WIB

Jokowi Berharap Indonesia Jadi Rujukan Peradaban Islam

Selasa, 05 Juni 2018 – 19:05 WIB
Jokowi Berharap Indonesia Jadi Rujukan Peradaban Islam - JPNN.COM

jpnn.com, DEPOK - Presiden Jokowi Widodo berharap keberadaan Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) bisa menjadikan negara berpenduduk muslim terbesar di dunia ini sebagai rujukan peradaban Islam.

Hal itu dikemukakan Jokowi ketika memberikan sambutan di acara peletakan batu pertama pembangunan kampus UIII di lahan 143 hektare di Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat pada Selasa (5/6).

Mantan gubernur DKI Jakarta itu berharap UIII bisa benar-benar menjadi pusat kajian, dan penelitian peradavan Islam di Tanah Air.

“Karena kita kenal sekarang ini di dunia sebagai negara besar, pendiduk muslim terbesar di dunia. Sudah sewajarnya, sepantasnya, Indonesia jadi rujukan kemajuan peradaban Islam di dunia. Inilah nanti tempatnya," kata Jokowi.

Suami Iriana juga menyebutkan bahwa perencanaan pembangunan UIII sendiri sudah disiapkan sejak 2 tahun lalu. Namun pemerintah kesulitan menemukan lahan yang cocok kriterianya dengan desain kampus tersebut.

“Mencari lahannya juga tidak mudah. Karena saya tidak mau setengah-setengah. Permintaan saya saat itu, minta lahan 1000 hektare tapi sangat sulit sekali di Jawa," katanya.

Karena itu, dirinya sempat menyarankan bagaimana kalau kampus UIII dibangun di luar Jawa. Tawaran itu menurut presiden tidak diterima oleh tim perencanaan.

"Ya sudah carikan di Jawa yang mendekati 1.000 (hektare). Ternyata kita dapat lahan 142 hektare. Tapi saat saya lihat di lapangan tadi 142 juga luas. Alhamdulillah. Saya enggak bayangkan kalau dapat 1000 hektare,” pungkas dia.(fat/jpnn)

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar