Jokowi Bersih, Tak Akan Terimbas 'Bisnis Kecil bagi Pak Ari'

Jokowi Bersih, Tak Akan Terimbas 'Bisnis Kecil bagi Pak Ari'
Presiden Joko Widodo dan Rini Soemarno. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto meyakini elektabilitas Presiden Joko Widodo tak akan terpengaruh rekaman pembicaraan antara dua pihak yang bersuara mirip Menteri BUMN Rini Soemarno dan Direktur Utama PLN Sofyan Basir. Alasannya, presiden yang beken disapa dengan panggilan Jokowi itu merupakan sosok berintegritas dan bersih dari patgulipat, termasuk dugaan permainan dalam proyek-proyek BUMN.

"Pak Jokowi kan sosok yang bersih, pekerja keras. Sehingga apa yang terjadi pada menteri-menterinya ketika ada yang melibatkan keluarga, saya menjadi saksi ini pelanggaran dari perintah Pak Jokowi," Hasto di Tambora, Jakarta Barat, Minggu (29/4).

Baca juga: Ssttt, Ada Suara Mirip Bu Rini dan Dirut PLN Bocor ke Medsos

Menurut Hasto, jika isi rekaman yang beredar itu benar dan ternyata ada kongkalikong dalam proyek BUMN, maka hal tersebut jelas bertentangan dengan instruksi Jokowi. Hasto yang merupakan bagian dari Tim Transisi Jokowi-JK mengungkapkan bahwa pada awal pembentukan Kabinet Kerja, setiap calon menteri sudah diwanti-wanti agar mengutamakan tugas.

Jokowi Bersih, Tak Akan Terimbas 'Bisnis Kecil bagi Pak Ari'
Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto. Foto: dokumen JPNN.Com

Jokowi, kata Hasto, mewanti-wanti kepada para menterinya untuk mengedepankan kepentingan bangsa dan negara, serta menjauhi campur tangan keluarga. "Ketika dalam rekaman itu disebutkan dua (orang, salah satunya) dari keluarga beliau (Rini), tentu sama ini merupakan hal yang bagi kami tidak sesuai perintah Bapak Presiden," ujar Hasto.

Baca juga: Sesmen BUMN Benarkan ada Percakapan Rini Soemarno-Dirut PLN

Namun, jika Rini memang merasa dirugikan oleh rekaman pembicaraan yang beredar maka Hasto menyarankan mantan Tim Transisi Jokowi-JK itu untuk melapor ke pihak berwenang. Menurutnya, setiap warga negara berhak atak keadilan.

Hasto menyatakan, jika isi rekaman yang beredar itu benar dan ada kongkalikong dalam proyek BUMN, maka hal tersebut jelas bertentangan dengan instruksi Jokowi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News