Jumat, 16 November 2018 – 01:46 WIB

Jokowi Buka Rahasia Cara Memenangi Pemilihan

Minggu, 11 November 2018 – 08:39 WIB
Jokowi Buka Rahasia Cara Memenangi Pemilihan - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berbagi cerita soal pengalaman sukses memenangi pemilihan wali kota Solo dengan cara door to door mendekati rakyat.

Dia mengatakan, setahun sebelum pemilihan yang pertama kali diikutinya, tidak ada satu pun yang mengenal Jokowi.

"Setahun sebelum (pilwako), ditanyakan yang namanya Jokowi di Solo ada yang kenal ndak? Saya jamin satu pun, tidak ada satu pun, tidak ada yang kenal," kata Jokowi dalam sebuah acara Partai Hanura di Hotel Discovery, Ancol, Jakarta Utara beberapa hari lalu.

Dia melanjutkan, pemilihan wali kota saat itu diikuti empat kandidat. Ada calon petahana, pengusaha besar, hingga ketua Kadin yang sangat terkenal. "Saya enggak dikenal," ungkap Jokowi.

Namun, kata Jokowi, pada pilwako itu dia berhasil memperoleh 37 persen suara dan menang. "Hanya 37 persen, tapi yang penting menang," katanya.

Kemudian, dia melanjutkan, pada pilwako periode keduanya juga demikian. Menurut Jokowi, sebenarnya dia sudah tidak mau ikut pilwako lagi. "Tapi saya didesak-desak terus, ya sudah saya mau. Tapi saya tidak mau keluar apa-apa," jelasnya.

Jokowi lantas melakukan pendekatan door to door lagi. Kali ini dia datang kepada rakyat dan menceritakan apa yang sudah dan akan dilakukan. Misalnya, sudah membuat kartu sehat, kartu pintar, dan pembangunan infrastruktur, terutama pasar, dan jalan di kampung-kampung. "Setelah ngomong-ngomong, pulangnya saya menyalami masyarakat," katanya.

Nah, kata Jokowi, saat bersalaman dengan masyarakat itu dia sambil berhitung dan tahu mana yang mendukung dan tidak.

SHARES
TAGS   Jokowi Pilpres
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar