Jokowi dan JK Kali Ini Datang Pakai Mobil

Jokowi dan JK Kali Ini Datang Pakai Mobil
Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla beserta istri masing-masing, saat tiba di halaman Istana Merdeka, jelang Upacara HUT ke-74 Ri, Sabtu (17/8). Foto: M Fathra/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo alias Jokowi bersama Wakil Presiden Jusuf kalla datang dengan cara berbeda ke lokasi Upacara HUT ke-74 RI di Istana Merdeka, Jakarta pada Sabtu (17/8).

Bila biasanya mereka langsung keluar dari Istana Merdeka ke panggung kehormatan, sekarang Jokowi - JK, termasuk Ibu Negara Iriana dan Ibu Wapres Mufidah Jusuf Kalla datang ke lokasi upacara menggunakan mobil kepresidenan berpelat Indonesia.

Jokowi tampak duduk di sebelah kiri, JK di kanannya. Di hadapan mereka, duduk sang istri masing-masing. Mereka berempat saling berhadapan di dalam kendaraan antipeluru Mercy S600 tersebut.

BACA JUGA: Detik-detik Jokowi Turun ke Lapangan, Kolonel Hariyo Sarungkan Pedang

Begitu sampai di halaman Istana Merdeka, mereka pun keluar mobil dengan penampilan yang khas. Presiden Jokowi mengenakan pakaian adat Bali Klungkung, Iriana berbusana adat Tapanuli Utara. Sementara Pak JK dan istrinya lebih komplak, keduanya berbusana adat Aceh.

Busana adat yang dikenakan Kepala Negara bernuansa hitam dengan bawahan kain warna cokelat bermotif. Di kepala mantan wlai kota Solo itu juga terdapat mahkota dengan warna emas. Sebuah senjata juga terselip di pinggang bagian belakang.

Saat menemui jurnalis sebelum upacara berlangsung, Jokowi mengatakan selalu mengenakan pakaian adat yang berbeda ketika upacara HUT kemerdekaan RI. Pada tahun lalu, dia memakai busana adat Aceh.

"Sumatera Barat pernah, Kalimantan Selatan, Sunda, Jawa, Betawi, Sasak. Pernah semua, memang kekayaan budaya pakaian adat ini ribuan, jumlahnya ribuan," kata Presiden. (fat/jpnn)


Presiden Joko Widodo alias Jokowi bersama Wakil Presiden Jusuf kalla datang dengan cara berbeda ke lokasi Upacara HUT ke-74 RI di Istana Merdeka, Jakarta pada Sabtu (17/8).


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News