Jokowi Dorong Penerima Dana Desa Berinovasi

Jokowi Dorong Penerima Dana Desa Berinovasi
Presiden Joko Widodo berbicara pada peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1440 H dan Hari Pahlawan yang diselenggarakan GP Ansor di Alun-alun Kajen, Kabupaten Pekalongan, Kamis (22/11). Ilustrasi : Biro Pers Setpres

jpnn.com, MAKASSAR - Presiden Joko Widodo belum puas dengan keberhasilan pemanfaatan dana desa yang telah terlihat. Dari hasil evalusasinya, dia meminta para kepala desa maupun pendamping dana desa untuk menggunakan alokasi tersebut sesuai dengan fokus dan kebutuhan desa.

Hal itu disampaikan Jokowi saat memberikan arahan pada acara Evaluasi Kebijakan Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Tahun 2018, di Kota Makassar, Sulawesi Selatan pada Sabtu (22./12).

"Saya titip, hati-hati dalam penggunaan dana ini. Betul-betul fokus, tepat sasaran, dan sesuai dengan kebutuhan desa," ucap Jokowi.

Poin evaluasi pertama yang disinggung Jokowi adalah mengenai pembelian barang kebutuhan yang harus dilakukan di lingkup desa. Ini dimaksudkan agar dana tersebut tetap dirasakan manfaatnya oleh masyarakat desa.

Mantan wali kota Solo itu mengingatkan agar proyek-proyek yang dibangun dengan menggunakan dana desa benar-benar yang dibutuhkan masyarakat. Misalnya untuk membangun jalan yang rusak.

Adapun untuk tahun-tahun mendatang, Jokowi berharap penggunaan dana desa mulai menyasar pemberdayaan ekonomi dan penciptaan inovasi-inovasi di desa. Sebab, sudah saatnya bagi seluruh pihak untuk mulai memetik hasil dari investasi pembangunan yang didanai oleh dana desa sebelumnya.

"Saya berikan contoh misalnya ada desa yang memiliki mata air, bisa dijadikan desa wisata. Contoh sebuah desa di Jawa Tengah, namanya Desa Ponggok. Di situ ada umbul (mata air), dibuat tempat wisata. Setahun bisa dapat income berapa? Rp 14 miliar," sebut Jokowi.

Bahkan dia mendorong desa-desa mulai melirik potensi kebutuhan industri. Misalnya satu desa berperan sebagai penghasil bahan baku yang dibutuhkan dunia industri. Contohnya saja menanam cokelat untuk memenuhi bahan baku industri nasional yang sekarang masing banyak yang diimpor.

Presiden Joko Widodo belum puas dengan keberhasilan pemanfaatan dana desa yang telah terlihat. Dari hasil evalusasinya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News