Jokowi Harus Bisa Meyakinkan Parpol Pengusung

Jokowi Harus Bisa Meyakinkan Parpol Pengusung
Presiden Jokowi. Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Maksimus Ramses Lalongkoe mengatakan Presiden Joko Widodo harus mampu meyakinkan semua partai politik pengusung untuk tetap solid, siapapun calon wakil presiden yang dipilih mendampinginya di Pilpres 2019 mendatang.

Ramses meyakini jika Jokowi mampu meyakinkan, maka koalisi bakal memberi dukungan secara maksimal bagi pemenangan nantinya.

"Di sinilah peran penting dan strategis Jokowi untuk meyakinkan parpol pendukung. Harus mampu meyakinkan ketika terjadi perdebatan, apalagi parpol pengusung punya kader masing-masing untuk diajukan ke Jokowi,” ujar Ramses kepada JPNN, Selasa (20/3).

Pengajar di Universitas Mercu Buana ini meyakini parpol dapat menerima nama yang diusulkan Jokowi, jika disertai penjelasan objektif. Karena itu, peran tim internal yang dibentuk mantan Wali Kota Surakarta tersebut harus bekerja secara maksimal.

Saat ditanya apakah pembentukan tim mengindikasikan Jokowi menginginkan cawapres berasal dari profesional, Ramses mengaku belum melihat hal tersebut.

"Saya belum melihat terkait hal itu, tapi yang pasti tim ini dibentuk untuk memperkuat posisi tawar Jokowi, khususnya soal standarisasi calon wakil presiden,” kata Direktur Eksekutif Lembaga Analisis Politik Indonesia ini.

Sebelumnya, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno membenarkan Presiden Jokowi telah membentuk tim internal untuk menjaring nama bakal cawapres di Pilpres 2019 mendatang.

Tim internal disebut hanya sebatas berdiskusi dan menelaah tokoh-tokoh yang bakal menjadi cawapres Jokowi. Tim internal juga sifatnya hanya informal.(gir/jpnn)


Menurut Ramses, Presiden Joko Widodo harus mampu meyakinkan semua partai politik pengusung untuk tetap solid pada Pilpres 2019 mendatang.


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News