Jokowi Ingin DPR Cekatan Bahas Tito Karnavian

Jokowi Ingin DPR Cekatan Bahas Tito Karnavian
Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA - Presiden Joko Widodo tidak sekadar mengusulkan nama Komjen Tito Karnavian sebagai calon Kapolri ke DPR. Jokowi -sapaan sang presiden- juga ingin DPR secepatnya memproses nama Tito sebagai calon pengganti Jenderal (Pol) Badrodin Haiti yang akan pensiun pada akhir Juli nanti.

Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah mengungkapkan, keinginan Jokowi agar Tito secepatnya diproses sebagai calon Kapolri disampaikan oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno. Sebab, Pratikno pula yang mengantar surat Jokowi tentang calon Kapolri itu ke DPR.

"Kami mendengarkan langsung dari Pak Pratikno. Pak Jokowi menginginkan ini diproses cepat," ujar Fahri di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (15/6).

Karena itu, DPR mulai Kamis (16/6) akan digelar rapat pimpinan. Selanjutnya, usulan presiden tentang calon Kapolri itu akan dibahas di Badan Musyawarah (Bamus) DPR sebelum diteruskan ke Komisi III DPR.

“Kita sudah minta persetujuan (menggelar) rapat paripurna bahwa pembahasan Kapolri diberikan di Komisi III," tutur Fahri.

Dengan begitu, lanjut Gahri, maka pada pekan depan Komisi III DPR sudah bisa menggelar fit and proper test terhadap Tito sebagai calon tunggal Kapolri. "Saya kira ini bisa cepat," pungkasnya.(dna/JPG)

 



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News