Jokowi: Jadikan Momen Pandemi Covid-19 untuk Mencintai Produk Dalam Negeri

Jokowi: Jadikan Momen Pandemi Covid-19 untuk Mencintai Produk Dalam Negeri
Presiden Jokowi. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo mengatakan produksi di sejumlah sektor dan ekonomi dunia dalam kondisi kesulitan di tengah pandemi virus Covid-19 ini. Oleh karena itu, Jokowi menginginkan masyarakat menjadikan momen tersebut untuk mencintai produk dalam negeri.

Hal ini disampaikan Jokowi saat meluncurkan Gerakan Nasional #BanggaBuatanNasional melalui telekonferensi, Kamis (14/5).

"Saat ini banyak negara ada 213 negara menghadapi situasi yang sulit. Perekonomian dunia mengalami tekanan yang berat dan setiap negara berjuang untuk menyelamatkan rakyatnya agar tidak terpapar sekaligus menyelamatkan rakyatnya agar ekonominya tidak terkapar," kata Jokowi.

Dalam kondisi seperti ini, Jokowi mengharapkan masyarakat mampu berdiri di kaki sendiri alias berdikari.

Kelemahan di sektor kesehatan, sosial dan ekonomi, harus dicari solusinya agar menjadi kekuatan yang bisa dimanfaatkan kelak.

"Pandemi tidak menghalangi kita untuk berkreasi, keterbatasan justru mendorong kita untuk tetap berinovasi, mendorong kita bertransformasi, menggali potensi diri dan menciptakan peluang-peluang," kata Jokowi.

Jokowi menilai produk kesehatan dalam negeri di tengah pandemi banyak yang lahir. Di antaranya PCR test kit, rapid diagnostic test, ventilator dan Mobile Lab BSL-2.

Jokowi menargetkan inovasi-inovasi tersebut bisa diproduksi massal pada akhir Mei 2020 ini sehingga Indonesia tidak tergantung impor negara lain.

Presiden Joko Widodo mengatakan produksi di sejumlah sektor dan ekonomi dunia dalam kondisi kesulitan di tengah pandemi virus Covid-19 ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News