Jokowi Kian Gaul, Prabowo Makin Sulit Diterima Anak Milenial

Jokowi Kian Gaul, Prabowo Makin Sulit Diterima Anak Milenial
Video blog Presiden Joko Widodo bertitel Tinju. Foto: YouTube

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) Ujang Komarudin menilai Joko Widodo lebih unggul dibandingkan Prabowo Subianto dalam memikat kalangan milenial. Menurutnya, tokoh yang beken disapa dengan panggilan Jokowi itu terlihat gaul dengan menghadiri konser musik ataupun naik chopper bersama komunitas motor besar.

"Apalagi Jokowi memang gaya politiknya menampilkan masyarakat kelas bawah, dan memang itu yang dicitrakan," ujar Ujang seperti diberitakan JawaPos.com, Senin (9/4).

Ujang lantas membandingkan Jokowi dengan Prabowo yang terlihat lebih kaku dalam berkomunikasi. Dia menduga sikap kaku ketua umum Partai Gerindra itu tak lepas dari latar belakangnya sebagai mantan tentara.

“Komunikasinya Prabowo kaku, enggak cair. Jadi ini sebenarnya yang harus dipelajari oleh Pak Prabowo," katanya.

Oleh sebab itu, kata Ujang, jika Prabowo pengin lebih bisa diterima kalangan milenial maka sebaiknya meniru strategi komunikasi Jokowi. “Memang mau tidak mau Prabowo harus merubah gaya karakternya menjadi gaya karakter mereka," ungkapnya.

Ujang menambahkan, k‎alau Prabowo tetap mempertahankan gaya komunikasinya seperti saat ini, maka bisa dibilang akan babak belur. Terlebih, Jokowi lihai mengemas citra yang sesuai dengan selera generasi milenial.

"Karena Jokowi tahu benar suara generasi milenial ini pengaruhnya sangat besar dalam konteks politik," pungkasnya.(gwn/JPC)


Jika Prabowo Subianto tetap mempertahankan gaya komunikasinya seperti saat ini, maka bisa akan makin jauh tertinggal oleh Joko Widodo (Jokowi).


Redaktur & Reporter : Antoni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News