Jokowi Luncurkan Paket Obat Isoman Gratis, Minta Tak Diperjualbelikan

Jokowi Luncurkan Paket Obat Isoman Gratis, Minta Tak Diperjualbelikan
Presiden Joko Widodo. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo membagikan sejumlah bantuan, baik berupa bahan pokok sembako melalui Program Keluarga Harapan (PKH), maupun lewat Bantuan Sosial Tunai, serta bantuan paket vitamin dan obat-obatan untuk masyarakat yang menjalani isolasi mandiri (isoman).

Pria yang akrab disapa Jokowi itu meminta semua pihak tidak memperjualbelikan bantuan paket obat dan vitamin tersebut.

"Pemerintah mulai hari ini akan segera membagikan paket vitamin dan obat untuk isolasi mandiri gratis di wilayah-wilayah yang berisiko," ujar Jokowi dalam sambutannya saat membagikan paket obat isoman gratis untuk rakyat di halaman Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Kamis (15/7).

Untuk tahap awal ini, pemerintah akan membagikan sejumlah 300 ribu paket berisi vitamin dan obat-obatan bagi masyarakat terdampak di Pulau Jawa dan Bali.

Selanjutnya, pemerintah juga akan membagikan 300 ribu paket serupa bagi masyarakat terdampak di luar Pulau Jawa dan Bali.

Ada tiga jenis paket obat isolasi mandiri yang dibagikan, masing-masing untuk tujuh hari. Paket satu berisi vitamin untuk warga dengan hasil swab PCR positif tanpa gejala atau orang tanpa gejala (OTG).

Paket dua berisi vitamin dan obat untuk warga dengan PCR positif dengan keluhan panas demam dan kehilangan penciuman.

Adapun paket tiga berisi vitamin dan obat untuk warga PCR positif disertai keluhan panas dan batuk kering.

Presiden Joko Widodo membagikan sejumlah bantuan paket vitamin dan obat-obatan untuk masyarakat yang menjalani isolasi mandiri (isoman). Di sisi lain, TNI akan dilibatkan dalam pendistribusiannya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News