Jokowi Minta 5 Gubernur Ini Bisa Kurangi Laju Penularan Covid-19

Jokowi Minta 5 Gubernur Ini Bisa Kurangi Laju Penularan Covid-19
Presiden Joko Widodo. Foto screenshot akun Sekretariat Presiden di YouTube.

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo meminta lima gubernur, yakni DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Bali, untuk mengurangi laju penularan Covid-19 di wilayah masing-masing.

Hal tersebut disampaikan pria yang akrab disapa Jokowi itu saat menggelar rapat Sidang Paripurna pada Rabu (3/2) kemarin.

"Bapak Presiden kemarin mengundang lima gubernur untuk berdiskusi mengenai pandemi Covid-19 ini. Saya kebetulan diminta mendampingi beliau dan melihat bagaimana kami bertukar pengalaman, melihat bagaimana China bisa mengatasi pandemi ini, India bisa mengatasi pandemi," kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers virtual, Kamis (4/2).

Menurut Budi, lima gubernur tersebut bisa mengatasi penyebaran virus Covid-19 di wilayah masing-masing. Asal lima gubernur tersebut bisa mengurangi mobilitas orang.

"Kesimpulan kami satu, cara untuk mengatasi pandemi ini adalah dengan mengurangi laju penularan," jelas dia.

Di samping itu, Budi juga mengharapkan daerah bisa mempersiapkan dengan baik sarana dan prasarana kesehatan.

Rumah sakit juga tidak boleh mendapat beban yang berat. Selain itu, Budi juga menyampaikan pihaknya tengah menyiapkan diri dengan program vaksinasi.

Mengenai upaya daerah menekan penyebaran virus Covid-19, menurut Budi, sebenarnya sudah terlihat berdasarkan pendekatan masing-masing wilayah.

Ada program yang dinamakan Jogo Tonggo, Kampung Tangguh, dan Desa Siaga yang menyentuh wilayah pedesaan.

"Sebenarnya ini sangat erat dengan budaya asli Indonesia dan sangat tepat untuk menjawab bagaimana kita mengatasi pandemi ini dengan mengurangi laju penularan virus ini," kata dia.

Lebih lanjut kata Budi, pihaknya sangat mendukung langkah pemerintah daerah yang menyentuh pencegahan Covid-19 di level terkecil, yakni keluarga.

Dengan begitu, masyarakat bisa peduli denfan tetangganya dan level yang lebih luas lagi. (tan/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?

Presiden Joko Widodo meminta lima gubernur untuk mengurangi laju penularan Covid-19 di wilayah masing-masing. Pemerintah mengharapkan ada pendekatan sampai level keluarga.


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News