Jokowi Minta Kepala Daerah Dukung Gerakan Pramuka

Jokowi Minta Kepala Daerah Dukung Gerakan Pramuka
Presiden Jokowi pada Peringatan Hari Pramuka Ke-58, di Lapangan Utama, Bumi Perkemahan Wiladatika, Cibubur, Jakarta Timur, Rabu (14/8). Foto: Setpres RI

jpnn.com, CIBUBUR - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta para kepala daerah, baik di tingkat provinsi maupun kabupaten dan kota selaku ketua majelis pembimbing Gerakan Pramuka di daerah, memberikan perhatian dan dukungan penuh pada kemajuan Gerakan Pramuka di daerah.

Menurut Jokowi, organisasi kepanduan itu merupakan tempat bersemainya calon-calon pemimpin bangsa di masa depan.

“Karena Gerakan Pramuka membentuk manusia-manusia Pancasila yang tangguh, yang tahan banting, yang berakhlak mulia, dan yang inovatif,” kata Jokowi dalam amanatnya saat memimpin upacara Peringatan Hari Pramuka Ke-58, di Lapangan Utama, Bumi Perkemahan Wiladatika, Cibubur, Jakarta Timur, Rabu (14/8).

Maraknya berbagai permasalahan yang dihadapi bangsa Indonesia seperti penyalahgunaan narkoba, tawuran, sikap intoleransi, hingga penggunaan media sosial yang tidak bertanggung jawab harus ditanggulangi bersama-sama.

Menurut presiden, gerakan Pramuka yang menekankan pendidikan dan pembentukan karakter memiliki peran sangat penting dalam menanggulangi masalah-masalah tersebut.

“Termasuk dalam membentuk generasi muda Indonesia yang rela menolong, tabah, cinta Tanah Air, berani, dan siap mempertahankan keutuhan NKRI berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945,” tururnya.

Dalam Gerakan Pramuka, lanjut Presiden, semua perbedaan baik itu agama, ras, suku, dan golongan bisa menyatu, bisa bermusyawarah, dan merasa sebagai saudara dengan semangat persatuan dan perdamaian.

Suami Iriana itu juga memandang gerakan Pramuka telah mencontohkan semangat cinta alam dan kasih sayang sesama manusia, serta upaya memanfaatkan kekayaan alam dan tradisi Indonesia yang dapat terus dikembangkan. Misalnya, penggunaan bambu dan kayu serta tali temali untuk membuat berbagai peralatan.

Jokowi meminta para kepala daerah, baik di tingkat provinsi maupun kabupaten dan kota selaku ketua majelis pembimbing Gerakan Pramuka di daerah, memberikan perhatian dan dukungan penuh pada kemajuan Gerakan Pramuka di daerah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News