JPNN.com

Jokowi Minta Pengusaha Manfaatkan Perjanjian Perdagangan Internasional

Kamis, 04 Maret 2021 – 13:59 WIB
Jokowi Minta Pengusaha Manfaatkan Perjanjian Perdagangan Internasional - JPNN.com
Presiden Jokowi minta pengusaha manfaatkan perjanjian perdagangan dengan sejumlah negara. lustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta pengusaha memanfaatkan perjanjian perdagangan bilateral dan regional yang dimiliki Indonesia dengan sejumlah negara.

Jokowi mencontohkan, pengusaha bisa memanfaatkan peluang kerja sama dengan Australia melalui Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA CEPA).


"Lihat peluang-peluang yang ada di sana. Saya kira yang peluangnya besar itu otomotif, pelajari betul, pasarnya seperti apa, konsumennya seperti apa, informasikan ke tanah air," tambah Jokowi.

Menurut dia, jika pengusaha Indonesia bisa membuka pasar di Australia, maka tidak menutup kemungkinan produk UMKM jugaa berkesempatan untuk ekspor.

"UMKM memiliki peluang perlu dibantu dan didorong dalam rangka meningkatkan nilai ekspor dan diversifikasi produk ke negara mitra dagang kita," ungkap Jokowi.

Mantan Wali Kota Solo itu juga meminta ada penekanan terhadap sektor-sektor industri manufaktur yang menyerap banyak tenaga kerja. Adapun sektor itu lanjut dia, otomotif, elektronik, tekstil, kimia dan farmasi serta makanan dan minuman.

"Harus diberikan stimulus dan fasilitas-fasilitas ekspor, harus ada insentifnya untuk memperluas pasar terutama negara-negara non-tradisional dengan memanfaatkan kerja sama perdagangan," jelas Jokowi.

Selain itu, Jokowi menyebut, tidak ketinggalan kinerja perwakilan perdagangan Indonesia di luar negeri harus dioptimalkan.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...