Jokowi Minta Sultra Garap Sektor Industri Pengolahan

Jokowi Minta Sultra Garap Sektor Industri Pengolahan
Joko Widodo. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah terus berupaya menjaga pertumbuhan ekonomi di Sulawesi Tenggara agar berkembang secara berkelanjutan dan berkualitas. Apalagi wilayah itu merupakan salah satu provinsi yang mampu tumbuh di atas pertumbuhan ekonomi nasional.

Hal tersebut disampaikan Presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas dengan sejumlah Menteri Kabinet Kerja pada Senin (10/4) di Kantor Presiden, Jakarta.

"Di Sulawesi Tenggara pertumbuhan ekonomi pada tahun 2016 tumbuh sebesar 6,51 persen," ujar Presiden Jokowi.

Pertumbuhan tersebut ditopang oleh sejumlah sektor unggulan Sulawesi Tenggara. Di antaranya adalah pertanian, kehutanan dan perikanan yang memberikan kontribusi sebesar 24,3 persen bagi perekonomian daerah.

Karena itu, presiden meminta jajarannya untuk mengalokasikan anggaran utamanya untuk sektor hortikultura, seperti komoditas kakao di Kabupaten Kolaka Timur.

"Saya minta belanja APBN, APBD untuk sektor pertanian agar diarahkan untuk mengembangkan tanaman hortikultura, bukan hanya padi saja," ungkapnya.

Selain itu, Presiden juga meminta jajarannya untuk segera merealisasikan sejumlah proyek pembangunan infrastruktur guna mendukung sektor unggulan di bidang pertanian, seperti pembangunan bendungan Ladongi, bendungan Pelosika, serta pembangunan infrastruktur irigasinya.

"Perlu saya ingatkan agar pembangunan infrastruktur irigasi harus sesuai dengan pengadaan sawah. Jangan sampai saluran irigasinya dibangun, tapi sawahnya tidak ada. Atau sebaliknya," ucap Presiden.

Pemerintah terus berupaya menjaga pertumbuhan ekonomi di Sulawesi Tenggara agar berkembang secara berkelanjutan dan berkualitas. Apalagi wilayah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News